Mohon tunggu...
Dapurfit
Dapurfit Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Home of #SmartDieter

Di Kompasiana, kami berkomitmen untuk membuat konten yang 100% informasi, 0% marketing. Semua konten kami 100% evidence-based, dan akan disertai referensi jurnal ilmiah (studi/ penelitian).

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Melawan Covid-19 dengan Imun yang Kuat

3 Juli 2021   15:45 Diperbarui: 3 Juli 2021   16:11 203 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melawan Covid-19 dengan Imun yang Kuat
Melawan COVID-19 dengan Meningkatkan Sistem Imun Tubuh (sumber: instagram Dapurfit)

Hari ini, pemerintah mulai menerapkan PPKM Darurat untuk mengurangi angka kasus COVID-19 yang terus meningkat. Namun perlu kita ingat, kita sebagai warga juga perlu mengambil peran dalam hal ini. 

Salah satu cara bagi kita sebagai warga untuk mengurangi angka kasus COVID-19 adalah dengan menjaga kesehatan tubuh kita masing-masing. Bagaimana cara menjaga imunitas kita di masa seperti ini? Mari kita simak bersama-sama!

Kenapa Membahas Imun?

Sistem imun yang baik adalah "tameng" kita menghadapi COVID-19. Pada jurnal Nature Medicine, Prof. Kedzierska mengatakan "Walaupun COVID-19 disebabkan oleh virus baru, pada orang yang sehat, respon imun yang kuat di berbagai sel tubuh diasosiasikan dengan clinical recovery, mirip dengan yang kita lihat pada influenza" (1, 2).

Pandemi ini dapat kita analogikan dengan berada di medan perang. Coronavirus dapat diibaratkan sebagai peluru. Tentu saja cara paling aman agar kita tidak tertembak peluru adalah dengan tidak mendatangi medan perang (social distancing)

Namun, saat ini medan perang yang ada sudah terlalu luas (virus sudah tersebar sangat luas, sehingga jumlah carrier COVID-19 juga tersebar luas). Maka untuk berjaga-jaga supaya tidak terkena peluru, kita membutuhkan tameng yaitu sistem imun yang kuat.

Nutrisi dan Imun

Berbagai penelitian telah dilakukan baik pada binatang maupun pada manusia, dan dari semua penelitian tersebut terbukti bahwa nutrisi yang baik dan cukup terbukti dapat membantu sistem imun untuk bekerja dengan baik. Mengutip langsung dari The International Society for Immunonutrition (ISIN), "Nutritional advice is therefore, considered appropriate at this time." 

Jadi, apa saran nutrisional yang baik untuk imun tubuh? Jawabannya adalah makan makanan yang beragam dengan diet yang seimbang (3). Hal ini sangat penting untuk diingat karena tujuan dari #dirumahaja saat ini adalah untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan untuk menjadi tidak sehat karena konsumsi terlalu banyak makanan instan/ kemasan.

"Lalu bagaimana cara meningkatkan imun dan kesehatan tubuh?" Saat ini, terlalu banyak informasi yang salah (hoax) yang beredar melalui berbagai media. Oleh karena itu, mari kita bahas apa saja suplemen yang sudah terbukti dapat membantu kesehatan berdasarkan hasil studi yang sudah ada selama ini.

1. Vitamin C

Vitamin C terbukti dapat sedikit mengurangi durasi flu umum pada beberapa (tidak semua) orang jika vitamin C rutin dikonsumsi sebelum terkena flu, meski vitamin C tidak membunuh dan tidak mencegah virus dalam tubuh (4-6).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x