Mohon tunggu...
Richie Esaputra Kurniawan
Richie Esaputra Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2017

Halo, perkenalkan nama saya Richie Esaputra Kurniawan, mahasiswa STP TRISAKTI penerima beasiswa unggulan Kemendikbud 2017

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jangan Terbiasa Bolos dari Usia Dini

30 Agustus 2021   20:48 Diperbarui: 30 Agustus 2021   21:20 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bolos merupakan keinginan bagi semua mahasiswa pada saat ini, namun hal yang mengganggu mereka adalah bagaimana jika mereka tidak bisa ikut ujian karena mereka terlalu sering bolos. 

Hal inilah yang membuat mereka mencari cara untuk mengakali masalah absen mereka contohnya dengan izin sakit. Modus seperti sudah banyak dilakukan oleh banyak mahasiswa, saya yakin hal -- hal seperti ini juga banyak terjadi di kampus saya. 

Namun saya sangat segan untuk menanyakan bagaimana mereka bisa meyakinkan para dosen bahwa mereka benar -- benar sakit. 

Namun suatu hari saya mendengar bahwa untuk meyakinkan dosen, mereka membeli surat keterangan sakit yang dijual bebas di beberapa online shop. Mereka menjual surat keterangan sakit dengan berbagai macam rumah sakit. 

Saya pernah melihat surat keterangan sakit yang di beli teman saya, surat itu terlihat sangat asli sangat menyamai dengan surat keterangan yang di keluarkan oleh rumah sakit langsung. 

Banyangkan bagaimana dosen tidak percaya dengan surat keterangan sakit itu. 

Saya sebagai kaum awam saja percaya kalau itu asli. Tentunya dengan membohongi dosen dengan  surat keterangan sakit palsu kita harus menanggung beberapa resiko yaitu ketinggalan pelajaran pada mata kuliah tersebut dan apabila sang dosen mengetahui bahwa itu adalah surat keterangan sakit palsu kita dapat diberikan peringatan atau bahkan menggulang semester tersebut.

Maka dari lebih baik kita menghindari hal -- hal tersebut karena kuliah itu untuk masa depan kita, masa kita tidak ingin memiliki masa depan yang cemerlang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun