Mohon tunggu...
riap windhu
riap windhu Mohon Tunggu... Sales - Perempuan yang suka membaca dan menulis

Menulis untuk kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Bukan Jumlah atau Jenis Makanannya, yang Utama Keihlasan Berbagi di Bulan Ramadan

10 April 2022   23:59 Diperbarui: 14 April 2022   17:34 412 16 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa sangat dianjurkan di bulan ramadan (dok.windhu)

Memberikan makanan untuk berbuka puasa memiliki pahala yang sangat besar. Nilainya bukanlah terletak pada jenis makanan yang mewah atau banyak sedikitnya suatu makanan diberikan. Jika yang dimiliki hanya sebutir kurma ataupun segelas air untuk berbuka puasa itupun sudah temasuk dalam amalan berbagi.

Betapa mulianya orang yang memberi makanan untuk berbuka puasa, bahkan  Rasulullah SAW pernah mengatakan,"Sesungguhnya orang terbaik di antara kalian adalah orang yang memberi makan." (HR. Thabrani)

 Nah, bulan ramadan membuka banyak peluang untuk memberi makanan untuk berbuka puasa. Bisa kepada keluarga sendiri, tetangga,teman,dibawa ke masjid, ataupun kepada mereka yang memang benar-benar membutuhkan bantuan karena sedang tetimpa musibah di bulan puasa. 

(dok.windhu)
(dok.windhu)

Berbagi Lontong Oncom dan Pisang Goreng 

Minggu, 10 April 2022,  saya memutuskan untuk berbagi makanan berbuka puasa. Memang bukanlah hal yang luar biasa. Hanya lontong isi oncom dan goreng pisang. Untuk buka puasa hari ke-8 ini, semua makanan berbuka dibuat sendiri supaya lebih sehat dan  terjamin rasanya. Di Jakarta, lontong dan gorengan merupakan salah satu makanan berbuka puasa favorit buat masyarakat. Penjual lontong dan gorengan biasanya bertambah di bulan ramadan.

Kenapa isi oncom? Ya, selain isi sayuran, lontong isi oncom pun sangat disuka keluarga kami.Lantaran sudah niat tidak hanya untuk dikonsumsi sendiri, lontong oncom yang dibuat jumlahnya lebih banyak. Begitupun dengan pisang goreng. 

Sejak pagi, sudah ke pasar membeli daun pisang, santan, bumbu, beras dan oncom. Cara membuat lontong sangat sederhana dan idak perlu repot, kecuali mengikat lomtong sendiri. Daun pisang sebagai pembungkus lontong segera dibersihkan sesaat sampai di rumah.

Cara membuatnya mudah. Pertama, cuci beras dan aron dengan air secukupnya, daun salam, dan santan. Saya mengaron 3/4 liter beras supaya cukup. Kuantitas disesuaikansaja.  Jangan lupa diberi garam sebagai perasa.  Oncom ditumis bersama bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan garam.

Setelah semuanya araonan selesai dan tumis oncom matang, lalu nasi aron yang diisi dengan oncom kemudian dibungkus dengan daun pisang satu persatu. Ikat yang rapi dan kuat. Setelah itu tinggal kukus. Nggak perlu waktu lama, cukup 15 menit saja sudah matang. Lontong tinggal diangkat dan ditaruh wadah agar dingin. 

Indahnya Berbagi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan