Mohon tunggu...
riap windhu
riap windhu Mohon Tunggu... Sales - Perempuan yang suka membaca dan menulis

Menulis untuk kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Heritage of Toba, Menjangkau Dunia Menggenggam Kearifan Lokal

26 September 2021   21:15 Diperbarui: 26 September 2021   21:19 180 34 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Heritage of Toba, Menjangkau Dunia Menggenggam Kearifan Lokal
Lanskap Danau Toba, Heritage of Toba (sumber gambar:kemenparekraf.go.id/shutterstock,franshendriktambunan) 

Sebagai destinasi wisata, Heritage of Toba tak ubahnya anugerah semesta paket komplit. Tak hanya panorama alam yang indah, banyak hal yang bisa dijelajahi dan dinikmati saat berwisata. Mulai dari sejarah, adat istiadat, budaya, hingga kuliner yang mengungkap kekayaan Wonderful Indonesia. Sebuah warisan dari Toba untuk dunia.   

Horas! Selain sapaan itu, pertama mengetahui Danau Toba, Sumatera Utara dari buku pelajaran sekolah. Sebuah ingatan pekik bahagia  bermain monopoli nasional saat bidak tiba di petak Danau Toba. Sebuah tujuan yang diidamkan karena berharga mahal.

Saat ingin ke warung, uang kertas Rp.1000 cetakan tahun 1992 bergambar Danau Toba, yang diambil dari sisi gunung Sipiso-piso, sempat menemani.  Suara penyanyi cilik Julius Sitanggang menyanyikan lagu Danau Toba terdengar kala itu.

Liriknya berbunyi; Oh Danau Toba, Danau Toba. Danau indah dan permai. Oh Danau Toba, Danau Toba. Tiada banding di dunia

Danau Toba, Pulau Samosir (sumber gambar:kemenparekraf.go.id)
Danau Toba, Pulau Samosir (sumber gambar:kemenparekraf.go.id)

Pesona dan keunikan Kaldera Toba alias Danau Toba inilah yang membuatnya ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada Sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Prancis, 2 Juli 2020.

"Suatu saat, kamu harus kesana. Lihat sendiri keindahannya yang menakjubkan," kata seorang kawan, usai berwisata ke Danau Toba dalam masa bulan madu. Menambah rasa ingin tahu tentang Danau Toba yang kerap dinikmati lewat tayangan televisi, youtube dan media sosial lainnya.

Heritage of Toba (Kemenparekraf.go.id)
Heritage of Toba (Kemenparekraf.go.id)

Heritage of Toba yang Memikat

Melihat tayangan dan membaca tulisan. Keunikan Danau Toba tidak ditemukan di tempat lain. Ada pulau di atas pulau dan danau di atas danau. Pulau Samosir terletak di atas Pulau Sumatera. Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang lokasinya di atas Danau Toba.

Begitu luasnya Danau Toba, sehingga masuk dalam beberapa kabupaten, yakni, Kabupaten Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Karo, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Dairi. Bukan sekedar pemandangan, keanekaragaman hayatinya memikat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...
Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan