Irma Sabriany
Irma Sabriany Mohon Tunggu... Freelancer - Berani, mengagumkan, kekanak-kanakan, suka jalan-jalan, mandiri punya gaya ngomong yang sopan, lucu, cuek

Singapura, Negara kecil Disiplin dan Tertib

17 November 2018   20:45 Diperbarui: 17 November 2018   21:07 746
Changi International Airport (dok. pribadi)

Kamis, 11 Januari 2018 pukul 11.05 waktu Singapore akhirnya aku tiba di negara pertama dalam perjalanan #40HariKelilingAsia Tenggara yakni Singapore. Tiba di bandara aku langsung menuju counter imigrasi. Perasaaan agak takut jangan sampai terkena random checking, dan Alhamdulillah tidak. Sebelum aku berangkat, aku bertanya kepada Kak Wuri dan Kak Riffa. Keduanya berpesan agar aku menyiapkan semua dokumen (booking hotel) dalam bentuk hardcopy.

Keluar dari bandara aku langsung menuju counter MRT. Dari Bandara, aku membeli tiket terusan untuk naik MRT dan bisa. Harganya $SGD 20 untuk tiga hari, harga ini tidak termasuk dengan depositnya sebesar $SGD 10. Keuntungannya  aku bebas naik bis, MRT dan LRT kemana aja selama tiga hari. Aku mulai mengumpulkan "peta Singapore" biar tidak nyasar dan brosur tempat wisata. Dalam peta yang berisi arah dan tempat-tempat yang menarik yang ada di negara ini dan peta ini gratis loh.

Setelah aku check-in, langsung menuju  bus station. Target hari ini adalah mencoba transportasi baik itu bus, MRT dan MRT. Pokoknya aku harus bisa mengetahui system transportasi di negara ini.

Kunjungan pertamaku yakni ke Haji Lane. Berdasarkan yang aku lihat, Haji lane sebuah kawasan kecil, seperti gang atau lorong yang terletak di Arab Street, Kampung Gam, Bugis. Di kawasan ini ada caf, restoran trus toko-toko yang menjual produk fashion. Bangunannya klasik dengan warna-warni yang cerah sehingga membuat kawasan ini menjadi unik.

Haji Lane (dok. pribadi)
Lalu ke Merlion Park, kata seorang kawan belum sah kalo ke Singapore jika belum berfoto di Merlion Park. Merlion Park sendiri ini adalah taman kota dan ke tempat ini gratis. Nah tempat ramai banget baik itu siang dan malam hari. Dari Merlion Park aku ke Orchard Road.

Merlion Park (dok. Pribadi)
Orchard Road merupakan suatu kawasan untuk berbelanja, terutama untuk barang-barang yang branded. Selain tempat berbelanja kawasan ini sebagai kawasan kulineran. Di kawasan ada beberapa mall yang terkenal seperti Lucky Plaza, Mall Ion Orchard .  Stasiun MRT yang terdekat dari kawasan ini adalah Somerset.

Orchard Road (dok. Pribadi)
Hari kedua yakni, aku lari pagi dulu kemudian ke Singapore Botanical Garden, Little India, Harborfront Centre, Singapura Art Museum dan National Museum of Singapore.

Saat kunjunganku Singapore Art Museum sedang di renovasi. Dari petugasnya aku mendapatkan informasi jika museum ini merupakan museum seni kontemporer yang berfokus menampilkan seni kontemporer Asia Tenggara. Dari Singapore Art Museum aku berjalan kaki menuju National Museum of Singapore. Disebabkan kedatanganku jam 15.00 dan harga tiket $SGD 19 aku mengurungkan niatku. Next time lah.

Salah satu cara untuk menghemat budget selama di Singapura yakni mengunjungi tempat wisata gratis di Singapore seperti Singapore Botanical Garden. Menyesal aku gak sempat lari pagi di tempat ini. Sedikit cerita tentang taman ini, luas taman ini 60 Ha  didirikan oleh Agri-Horticultural Society tahun 1859.

Taman ini merupakan taman tertua di Singapore dan  taman ini telah dinobatkan sebagai situs warisan dunia pertama oleh UNESCO. Masuk ke taman ini gratis nah jika ingin masuk ke National Orchid Garden harus membayar tiket, jika tak salah ingat harga tiketnya yakni $SGD 8 atau 10.

Di depan National Orchid Garden
Dari tempat ini dengan menggunakan MRT aku menuju Little India. Little India merupakan  suatu kawasan tinggal keturunan warga India. Disini banyak juga terdapat toko yang menjual ole-ole dan yang paling terkenal adalah Mustafa Centre. Aku sempat masuk di toko ini hanya melihat-lihat.