Mohon tunggu...
Riandy Fachrizal
Riandy Fachrizal Mohon Tunggu... Universitas Muhammadiyah Prof.DrHamka

Mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Berbisnis Ikan Hias di Masa Pandemi (Betta Fish)

14 Januari 2021   18:05 Diperbarui: 14 Januari 2021   18:18 392 3 0 Mohon Tunggu...

Berbisnis Ikan Hias Di Masa Pandemi(BettaFish)

Di masa pandemi seperti sekarang  ini, jika kamu  ingin sekali berbisnis atau membuka usaha tatapi modal kamu sedikit kerena keuangan sedang menurun akibat terjadi nya pandemi.  Ada salah satu pilihan peluang usaha dengan modal yang cukup murah tentu nya menjadi salah satu pilihan dan alternatif dari sedikitnya pilihan yang ada, peluang bisnis yang ada saat ini untuk mendapatkan keuntungan tambahan dan untuk kebutuhan sehari – hari usaha ini tentu nya bisa di jadikan sebagai hoby juga loh guys.

" Tapi bisnis apa sih yang laku pada saat musim pandemi ini ? "

Yapp,bisnis ikan hias tentu nya. Peminat dan penghoby ikan hias di indonesia sendiri terbilang sangat lah tinggi di musim pandemi ini. Bagaimana tidak? Untuk mengisi ke kosongan di masa pandemi ini, masyarakat lebih memilih untuk membudi dayakan ikan hias atau yang kita kenal dengan istilah bettafish atau ikan cupang saat ini dimana peminatnya selalu meningkat dari waktu ke waktu dan bisnis ini juga tak pernah ada matinya sejak dulu hingga sekarang. apa lagi pada saat masa pandemi masyarakat sibuk untuk mengisi waktu luang pada saat transisi PSBB yang di anjur kan oleh pemerintah. 

Nah, Kita tidak pernah menyangka bahwa bisnis ikan hias dimusim pandemi ternyata memberikan dampak dan keuntungan yang menjanjikan untuk kehidupan sehari-hari? Tidak hanya meningkat kan ekonimi penjual nya cupang atau ikan hias itu sendiri saat ini sudah merambah ke internasional lohh, banyak sekali kontes ikan hias yang di adakan di luar maupun dalam negeri. peminat ikan hias ini pada saat musim pandemi menjadi salah satu alasan kenapa bisnis ikan hias menjadi salah satu peluang usaha yang sangat berpotensi saat ini.

Ikan hias itu sendiri banyak sekali jenis nya dan ikan ini termaksud ikan yang hidup di air tawar dan salah satu ikan mempunyai bentuk dan juga warna yang sangatlah menarik dan indah untuk di lihat.

Nah bettafish atau yang sering kita kenal dengan sebutan ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang mempunyai nilai ekonimi dan nilai jual yang sangat tinggi pada saat masa pandemi ini. Untuk kisaran harga ikan cupang jantan berkisar mulai dari Rp. 100.000,--Rp.1.000.000,- per ekor itupun tergantung dengan kualitas si ikan tersebut banyak sekali penilaian yang membuat ikan tersebut menjadi mahal untuk di perjual belikan. tentunya ikan hias atau ikan cupang yang kita kenal ini berasal dari Asia, tidak hanya di Indonesia saja ikan cupang ini sangat terkenal di beberapa Negara asia lain nya seperti negara Thailand, dan juga Malaysia.

Dan ikan hias ini,  terutama untuk ikan cupang yang berkelamin jantan lah yang  lebih dicari sebab biasa nya para breeder tidak menjual ikan betina kalau pun ikan betina yang di jual harga nya pun sangat lah mahal, karena ikan jantan memiliki warna yang lebih menarik, dan juga ramping dan tentu nya memilik bukaan ekor yang lebar dibanding betina. Ikan jantan dewasa ini tentu biasa digunakan sebagai ikan laga atau yang kita kenal dengan ikan aduan tapi untuk jenis ikan aduan beda lagi sebutan nya nah ikan aduan sering kali kita sebut dengan yang nama nya bagan, Karena memiliki kebiasaan unik yaitu saling menyerang atau yang biasa di sebut flering yang arti nya membuka kedua ingsang nya bila ditempatkan bersama-sama dalam satu wadah hal ini karna ikan cupang adalah hewan territorial ”(Pembenihan et al., 2005)”.

Dan biasa nya di kalangan penjual atau kalangan budidaya, ikan cupang betinalah yang harganya lebih mahal di banding ikan jantan nya, sebab kalau kita mau berbisnis di dunia ikan cupang ini kita harus membeli indukan yang berkualitas. Indukan atau genetic yang akan mempengaruhi keturunan ikan tersebut lebih dominan ke induk betina nya di bandingkan ke jantan nya makanya ikan indukan betina tidak atau jarang di perjualkan oleh para breeder atau seller.

Bayangkan jika berapa banyak keuntungan yang bisa kita dapat dari berbisnis ikan hias ini, kita bisa mendapatkan ke untungan 2 kali lipat dari modal awal dan kita hanya perlu mengeluarkan modal awal untuk membeli indukan yang berkualitas dan untuk keturunan nya atau burayak bisa kita jual dengan harga kisaran 100 – 1.000.000 per ekor  itu pun tergantung jenis dan kualitas si ikan tersebut, bahkan nilai ikan tersebut  bisa semakin mahal lagi jika ikan memiliki corak yang sangat unik dan genetic yang orang jarang punya atau bisa di sebut juga langka. Bagaimana? sudah terbayang bukan berapa keuntungan jika kita berbisnis ikan hias jenis cupang ini.

Dibeberapa kalangan breeder atau seller, nah ikan cupang juga memiliki beberapa katagori diantaranya ikan kontes yang berarti ikan yang di perlombakan ke indahan nya dari aspek tertentu dan juga ada ikan adu tapi biasa nya ikan adu jarang sekali di adakan untuk semcam kejuaraan, Dan di kalangan para penggemar atau hoby ikan hias atau ikan cupang, Ikan cupang ini telah mempunyai kalangan peng hoby tersendiri, Ikan hias ini mempunyai berbagai bagai macam corak dan berbagai macam pola warna yang unik dan juga enak sekali untuk di pandang, salah satu yang menjadi ciri khas ikan cupang adalah pada saat ekornya mengembang membentuk bulan hal itu bisa terjadi ketika si ikan tersebut bertatapan dengan ikan yang lain.”(Wahyudewantara, 2017)”.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN