Mohon tunggu...
Riana Dewie
Riana Dewie Mohon Tunggu... Freelancer - Content Creator

Simple, Faithful dan Candid

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Mau Tahu Penyelamat Bisnis Saya di Masa Pandemi?

11 Juli 2022   23:04 Diperbarui: 11 Juli 2022   23:08 455
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rose Cake (dok. Riana Dewie)

Pandemi telah usai? Ah, sulit untuk dijawab. Ada yang bilang sudah selesai, ada juga yang masih meyakini bahwa pandemi masih ada. Apa pun kondisinya, saya percaya bahwa masyarakat sudah mulai jenuh dengan kondisi demikian.

Saya adalah salah satu yang terdampak pandemi COVID-19, baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi. Tak pernah terbayangkan harus merawat suami di rumah dengan kondisi saturasi Oksigen di angka 80 hingga 90.

Beberapa bulan sebelumnya, saya juga sempat merasakan kondisi ekonomi yang cukup menyedihkan. Ah, luar biasa ujian Tuhan. Walau begitu, kondisi yang memaksa kita untuk menjalani kehidupan "new normal" ini ternyata memberikan hikmah juga.

Jualan Kue di Masa Pandemi? 

Karena saat itu saya bekerja sebagai freelancer dan tidak memiliki gaji bulanan, mau tidak mau saya harus "banting setir" untuk bertahan. Ya, minimal bisa tetap membantu suami dengan cara yang saya bisa.

Kebetulan saya memang sempat berjualan kue mawar, namun saat itu masih riset adonan dan rasa hingga akhirnya di masa pandemi, saya akhirnya bisa secara bertahap menawarkan empat varian kue, yaitu Rose Cake, Roll Cake, Banana Cake dan Banana Choco Chips.

Syukurlah, bermodal akses internet yang baik dari rumah, saya bisa mempromosikan dagangan saya secara perlahan. Hingga beberapa bulan ke depan, penggemar kue saya meningkat.

Pelatihan via Online untuk Mengasah Skill

Untuk menambah skill membuat kue, saya juga mengikuti beberapa pelatihan online. Saya mulai rutin mempelajari potensi bisnis yang baik, cara pemasarannya, cara menarik pelanggan dsb. Dengan pelatihan melalui platform edukasi maupun via zoom, saya mendapatkan banyak ilmu menarik.

Dalam proses belajar ini, tak jarang ada saja hambatan yang datang. Bisa karena rasa capek, ada kerjaan lain yang menunggu atau yang sering dikeluhkan beberapa teman adalah jaringan internet yang lemot.

Roll Cake (dok. Riana Dewie)
Roll Cake (dok. Riana Dewie)

IndiHome WiFi Penyelamat Bisnis Saya 

Syukurlah, saya sendiri tak merasakannya karena setia menggunakan jaringan IndiHome. Beberapa poin yang membuat saya suka dengan produk layanan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk ini adalah karena minim gangguan, akses yang cepat, jaringan stabil walau mengakses internet secara bersamaan serta pilihan paket menarik dengan harga terjangkau.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun