Mohon tunggu...
Riana
Riana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Writer

Instagram@rianaaa_001 Menulis adalah salah satu cara untuk hidup abadi

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Danau Toba Memiliki Ciri Khas Tersendiri

26 September 2021   12:03 Diperbarui: 26 September 2021   12:11 1539
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Danau Toba, siapa sih yang tidak mengenal danau yang satu ini?, danau terluas di Asia tenggara yang berada di wilayah Sumatra Utara, yang memiliki sejuta pesona keindahan yang membentang dari sudut manapun, alam yang menawan, berpadu dengan kultur budaya Batak yang telah memiliki ciri khas tersendiri.

Berbicara tentang danau Toba itu tidak akan ada habisnya, sejarah asal muasalnya, sudah sangat populer di kalangan masyarakat dan berbagai macam sudut pandang tentang asal usul danau toba.

Danau Toba itu sendiri terbentuk lebih kurang 74.000 tahun yang lalu, terjadi akibat letusan dahsyat gunung api super vulkano yang memicu perubahan iklim global dan berdampak besar bagi povulasi manusia di seluruh dunia, erupsi vulkano kemudian menyisihkan bentang yang khas , berupa sebuah danau vulkanik yang tersebar di dunia, dengan berukuran panjang 90 km, lebar 30 km, dan berada pada ketinggian 904 m di atas permukaan laut hingga memiliki keluasan 505 m.

Danau toba itu sediri di kelilingi oleh 7 kabupaten, yaitu pertama, Kabupaten Samosir Simalungun, Karo, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Dairi.

Danau Toba memiliki banyak macam tempat indah, mulai dari pantai, pegunungan Pusuk bukit, dan beberapa situs peninggalan sejarah suku Batak yang masih terawat sampai hari ini, tidak hanya alamnya, kawasan wisata danau Toba juga menawarkan keindahan budayanya yang tersaji lewat tarian, pakaian, kuliner, ukiran, dan sebagainya.

Danau Toba memang tiada duanya, kebanggaan Indonesia dan juga kebanggaan dunia, karena Danu Toba adalah warisan dunia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun