Mohon tunggu...
Riana
Riana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Writer

Instagram@riana0842 Menulis adalah salah satu cara untuk berdakwah

Selanjutnya

Tutup

Viral

Cara Cepat Menghafal ala Ana Mariana Sakatani

6 Agustus 2021   11:33 Diperbarui: 6 Agustus 2021   11:52 90 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cara Cepat Menghafal ala Ana Mariana Sakatani
Dok. pribadi

Siapa sih yang nggak kenal dengan sosok ana Mariana seorang penghafal Alquran, dari Sukatani atau lebih jelasnya ia salah satu santri wati PPSM Thohir yasin angkatan 2021 yang mendapatkan predikat Mumtadz, dan pastinya ia mendapatkan predikat tersebut dengan usaha dan ikhtiarnya.

Dan ketika saya mewawancarainya lewat WhatsApp, Ana Mariana mengungkapkaan bahwa 

setiap para peghafal itu berbeda-beda cara metodenya, dan metode yang saya gunakan itu metode qiroah, Isti'dat, setoran dan murajaah. Saya juga memilih waktu-waktu tertentu, dimana waktu itu membuat saya lebih konsentrasi, biasanya kalau qiroah dan isti'dat itu setelah selesai shalat tahajjud, ( seblum subuh) karena disana fikiran saya lebih jernih, belum ada pikiran-pikiran yang menggangu. 

Ana Marian juga menambahkan ketika menghafal atau saya sebut isti'dat (persiapan hafalan). Yang pertama saya lakukan adalah;

1. Usahakan baca halaman atau lembar yg mau dihafalkan Sbelum tidur,,, minimal 1 halaman diulang 3/5 kali

2. Usahakan menghafaldi sepertiga malam/ stelah tahajjud( seperti yang saya bilang tadi)

3. Hafalan 1 ayat dulu jika sudh lancar baru hafalan ayat kedua, jika blum lancar ayat pertama jangan pernah pindah ke ayat kedua karena nanti itu akan mmbuat kita tidk lancar, ayat pertama harus lancar baru boleh lanjut ke ayat berikutnya begitupun sterusnya.

4. Jika sudah hafal 1/2/3 ayat ulang dri ayat pertama sampai ayat ke 3 begitupun seterusnya, sampai 1 halaman benar-benar lancar. 

Nah mau lanjut nih kan setoran, kalau boleh kasih saran seblum hafalan tersebut di setorkan di pembimbing, bisa meminta teman untuk disimak terdahulu sampai lancar baru disetorkan di guru pembimbing, karena apa ini sering terjadi ketika kita hafalan sendiri udah lancar banget ehhh pas di setor malah pudar kaya bebek cari telur;-_-

Ada hal penting yang di perhatikan ketika menghafal , jangan terlalu memaksakan diri ketika menghafal, maksudnya apa?, Yaa kalau cape ya istirahat, nggak usah di paksa kalau di di paksa bukanya dapat hafalan malah dapat pusingnya aja dan saya yakin nggak bakal masuk itu Hafalan karena otak kita juga butuh istirahat, yaa berilah sedikit ruang otak kita, dengan cara apa?, Yaa bisa dengan mengerjakan pekerjaan yang membuat kita bahagia dan nggak stres baru lagi untuk menghafal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Viral Selengkapnya
Lihat Viral Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan