Mohon tunggu...
Riana
Riana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Writer

Instagram@riana0842 Menulis adalah salah satu cara untuk berdakwah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kunci Agar Betah di Pondok ala Beh Ceh

28 Juli 2021   11:12 Diperbarui: 28 Juli 2021   11:37 23 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kemarin hari Selasa(27/07/2021) ketika mewawancarai dua ustadzah muda ini, yaitu ustadzah pegi Parma sucinta( ustadzah Beh) dan ustadzah Siti Hafsoh (ustadzah Ceh). Beliau menyebutkan kunci betahnya anak di pondok.

Beliau, ustadzah Beh menuturkan bahwa 

Betahnya anak di pondok itu tergantung dari orang tua juga, itu sangat berdampak sekali bagi anak yang berada di pondok atau yang jauh dari orang tua, sehingga kita sebagai orang tua juga harus mengikhlaskan dengan seikhlas-ikhlasnya, dari pengalaman saya sendiri ,itu pernah terjadi waktu awal-awal Mondok. 

Saya merengek nangis padahal nggak tau sebab kenapa nangis,, dan pada akhirnya saya di beri izin untuk menelpon orang tua, ehhh ternya ibu saya nangis, katanya sii hawatir, saya di pondok udah makan atau nggak?, lauknya apa?,Saya di sana ada temenenya nggak??. dan dari itu saya berpikir bahwa orang tua itu sangat berperan penting dalam betahnya anak di pondok pesantren. 

Dan ustadzah Ceh menambah bahwa kunci betah di pondok juga haru ada dalam diri anak, yaaa tentunya juga ada niatan dari sik anak untuk ikhlas Mondok, yaa walaupun awalnya mungkin terpaksa,, atau bagaimana?, yang membuat nggak betah, cobalah untuk buka kehidupan baru. 

Bersama teman-teman baru, dan nih ya saya kasi J3 biar cepat di sukai temen-temen pondok, yang pertama itu JANGAN pelit!, apalagi di teman ruangan kalian, yang kedua, JANGAN diam ketika di sapa, yaa harus ramahlah yaa! dan yang ketiga JANGAN sombong. 

Nah itu tadi kunci dari betahnya anak di pondok, + dapat ilmu  J3 semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan