Mohon tunggu...
Rhiken Dasa A
Rhiken Dasa A Mohon Tunggu... ᵃ ᶜᵒˡˡᵃᵍᵊ ˢᵗᵘᵈᵊⁿᵗ 🌎

You Only Live Once.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

15 Maret 2021   13:58 Diperbarui: 15 Maret 2021   15:05 64 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental
cr. https://www.freepik.com

Tahukah kamu bahwa tubuh yang sehat itu bukan hanya sehat secara fisik saja loh? Sehat menurut aspeknya terbagi menjadi dua macam, yaitu sehat secara fisik dan sehat secara mental. World Health Organization merumuskan konsep sehat dalam cakupan yang sangat luas, yaitu “Keadaan yang sempurna baik fisik, mental maupun sosial, tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan atau cacat”.

Jadi sebenarnya bagaimana sih mental yang sehat itu?

Kesehatan mental yang baik adalah ketika batin berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga dapat menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar kita.

Kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya kesehatan mental secara umum sebenarnya sudah cukup bagus, namun sayangnya untuk penerapan di kehidupan sehari-hari masih sangat kurang.

Kenapa sih kita perlu aware terhadap kesehatan mental?

Sama halnya dengan fisik yang sehat, kesehatan mental adalah hal yang perlu kita jaga pula. Karena jika kesehatan mental kita terganggu, maka kondisi fisik dan kualitas hidup kita ikut menurun pula. Dengan mental yang tidak fit akan sulit bagi seseorang untuk beraktifitas dengan produktif dan memaksimalkan potensi yang ia punya.

Ketika dihadapkan dengan permasalahan, orang dengan kesehatan mental yang baik dapat berpikir dengan jernih, sehingga ia dapat menyikapi permasalah tersebut dengan baik.

Ada sebuah kutipan latin yang mengatakan, Mensana Incorpore Sano, yang artinya ‘Di dalam badan yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.’ Kutipan ini menjelaskan bahwa antara kesehatan tubuh dan kesehatan mental itu saling berkaitan. Orang dengan mental yang sehat dapat berpikir secara positif dan memiliki semangat untuk sembuh.  

Begitupun sebaliknya, contohnya saat seseorang sedang dalam perasaan yang gelisah atau tidak semangat, itu akan membuat tubuh lesu dan tidak bisa berkonsentrasi pada hal-hal yang dikerjakan.

Tips menjaga kesehatan mental

1. Tetap berpikir positif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x