Mohon tunggu...
Rheza Wahyu Kurniawan
Rheza Wahyu Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa S1 Teknik Geologi

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pendampingan IKM Desa Tangkil Kulon oleh KKN Undip

16 Agustus 2019   18:59 Diperbarui: 16 Agustus 2019   19:02 0 1 0 Mohon Tunggu...
Pendampingan IKM Desa Tangkil Kulon oleh KKN Undip
dokpri

Tangkil Kulon-Kedungwuni. Desa Tangkil merupakan salah satu desa yang berkecimpung di dalam industri konveksi batik. Hal ini diikuti dengan banyaknya masyarakat yang menjadi pelaku usaha ataupun bekerja sebagai buruh dalam suatu konveksi batik. 

Di Desa Tangkil Kulon, kebanyakan jenis batik yang diproduksi adalah batik cap. Para pelaku usaha konveksi batik biasanya bertindak sebagai supplier atau pemasok ke beberapa toko di daerah Solo dan Yogyakarta.

Pada hari Rabu, 25 Juli 2019, KKN Tim II Undip yang ditugaskan untuk mengabdi di Desa Tangkil Kulon melaksanakan satu program monodisiplin yang merupakan bagian dari bidang ekonomi dan berfokus pada manajemen. 

Program yang berjudul Pendampingan IKM konveksi pada bidang pemasaran, sumber daya manusia, operasional, dan keuangan  di Desa Tangkil Kulon dibawakan oleh Rahmadini Utami dari S1 Manajemen 2016. 

Berdasarkan survei dan observasi yang telah dilakukan pelaksana program selama minggu pertama, ditemukan data bahwa terdapat usaha konveksi batik di Desa Tangkil Kulon yang belum melakukan penerapan strategi bisnis dalam bidang operasional, pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan keuangan  pada IKM konveksi  di Desa Tangkil Kulon. Padahal strategi merupakan hal yang sangat penting. Karena startegi bisnis merupakan kunci kesuksesan yang akan membantu kita dalam berbagai hal.

Dalam kegiatan ini, KKN Tim II Undip Desa Tangkil Kulon mendatangi pelaku usaha yang ingin IKMnya untuk didampingi. Kegiatan ini diawali dengan Memberikan edukasi tentang pentingnya perencanaan strategi bsinis dalam menjalankan usaha dan memberikan strategi- strategi apa saja yang dapat diterapkan di IKM konveksi batik dalam bidang operasional, SDM, pemasaran, dan keuangan.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x