Mohon tunggu...
Rezza Ariessa Riizka
Rezza Ariessa Riizka Mohon Tunggu... Lainnya - Tugas pribadi

Apapun itu minumannya ya air putih.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengenal Sikap Tegas dan Emosional Secara Bersamaan

8 Juli 2021   11:00 Diperbarui: 8 Juli 2021   11:01 70 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sering kali orang menganggap sikap tegas dan emosional atau amarah itu merupakan hal yang sama, tapi sebenarnya makna tegas dan emosi adalah sikap yang berbeda. Tegas adalah sikap yang diambil setelah adanya keputusan atau pertimbangan yang akan mengubah perilaku atau disertai tujuan tertentu. Seperti, seorang guru atau orang tua yang tegas mendidik anak murid atau anaknya, contoh dalam hal disiplin dan dalam hal yang mengarah kebaikan lainnya. 

Sedangkan sikap emosional atau marah adalah sikap emosi spontan yang dikeluarkan seseorang ketika ada perasaan yang tertahan di dalam hati atau perasaan tidak suka tanpa adanya tujuan tertentu. Karena sifat emosi yang timbul secara spontan itu dilakukan tanpa adanya perhitungan terlebih dahulu, berbeda dengan sikap tegas yang telah melalukan perhitungan terlebih dahulu untuk mencapai tujuan tertentu.

Lalu, bagaimana sih caranya menjadikan diri kita itu tegas dan tidak emosi terhadap sesuatu yang sedang terjadi? Yang pertama dilakukan ialah cara kita menyampaikan sesuatu jangan berbelit belit pada saat berbicara, langsung ke topik inti pembicaraan, ungkapkan semua isi hati yang ingin dibicarakan, jangan dipendam. Karena, jika dipendam akan membuat gelisah dan akan menimbulkan sikap emosional secara spontan.

Berikut adalah cara – cara agar membiasakan diri untuk bersikap tegas :

1.Jujur ketika tidak tahu, kejujuran itu adalah kunci dari sebuah hubungan. Baik dalam hubungan antar ibu dan anak, guru dan murid, dan sepasang kekasih. Jujur adalah sikap yang lurus hati, menyatakan hal yang sebenar – benarnya tidak berbohong atau berkata hal – hal yang menyalahi fakta sesungguhnya.

2.Memberikan argumentasi yang tepat, memberikan argumentasi sering kali berujung kesalahpahaman, sebab pemiliran setiap orang berbeda – beda. Sebagai contoh bicara tegas, argumentasi adalah membuktikan atau menyampaikan alasan dan meyakinkan lawan bicara. Contoh sikap tegas dalam beragumentansi ialah ketika argumen yang bisa saja setuju atau tidak yang akan membuat percakapan menjadi sehat, dengan melakukan tindakan tersebut akan membuat percakapan menjadi nyaman dan tidak akan menimbulkan miskom.

3.Berani dalam mengatakan tidak setuju atau setuju, sikap tersebut dalah contoh sikap tegas dalam bertindak. Jika sikap tersebut Anda ucapkan, orang lain tidak akan menolak cara bicara Anda, sebab Anda sedang melakukan argumentasi dalam memutuskan tindakan, dari hal tersebut Anda dan lawan bicara akan saling mendiskusikan hal apa yang lebih baik untuk selanjutnya atau dicari kembali pendapat – pendapat yang akan memutuskan persetujuan kedua belah pihak.

4.Tolak ketika tidak sesuai harapan, nah ini sering kali yang dirasakan ialah sikap tidak enakan. Jika Anda merasa tidak enak terhadap seseorang, tetapi diri Anda sendiri merasa keberatan, itu adalah hal yang huru. Yang akan membuat kepribadian Anda tidak memiliki pendirian yang tegas. Jangan berpura – pura dalam melakukan tindakan yang tidak nyaman, harus bisa tegas dan jika mau katakan iya, jika tidak bisa kata kan tidak.

5.Minta tolong ketika merasakan kesulitan, ini adalah sikap yang harus dilakukan ketika sedang merasakan kesulitan dalam menghadapi sesuatu. Minta tolong lah, karena sejatinya manusia adalah mahkluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Jangan merasa tidak enak, justru akan membentuk kepribadian yang kurang terbuka dan merasa serba bisa apapa serba sendiri.

6.Biasakan meminta maaf dan berterimakasih, ini adalah sikap tegas yang sekarang ini sulit diucapkan oleh generasi milenial. Contoh kata – kata trend terbaru seperti baper inilah yang membuat kata tersebut perlahan hilang dari kesadaran manusia. Maaf, tolong, dan terimakasih adalah kata yang sederhana, mudah di praktikan, dan dari kata sederhana tersebut akan membuat perubahan yang sangat besar dalam melakukan tindakan kedepannya.

3 KATA AJAIB : 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan