Mohon tunggu...
reza billyasa
reza billyasa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Sistem Produksi untuk Meningkatkan Penjualan Teh pada PT Melania Indonesia

21 Mei 2024   08:16 Diperbarui: 21 Mei 2024   08:31 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1 Pemasaran

Perusahaant erlibat dalam pemasaran sebagai sarana untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan mereka. Ini mencakup berbagai aktivitas seperti periklanan, penjualan, dan distribusi kepada konsumen dan bisnis lainnya. Tjiptono (1997) menegaskan bahwa efektivitas strategi pemasaran perusahaan dalam beradaptasi dengan fluktuasi pasar dan pertimbangan biaya bergantung pada evaluasi faktor-faktor berikut:

a. Berbagai faktor lingkungan seperti iklim, pertumbuhan penduduk, perubahan gaya hidup, inflasi, pengaruh pemerintah, dan kemajuan teknologi semuanya memainkan peran penting.

b. Memasarkan produk Semuatersebut merupakan faktor yang dapat mempengaruhi pasar dan tingkat perkembanganc. 

c. Kompetisi : Siapa saja pesaingnya, produk/pasar apa yang bersaing dengannya, apa kemampuannya, kekuatan dan kelemahan kompetitifnya, model penetapan harga pesaing, dan kemampuan investor.hal. Analisis internalSetiap perusahaan harus mempertimbangkan kelemahannya dengan kekuatannya untuk menutup kesenjangan dengan pesaing atau pesaingnya.

d. Perilaku konsumen : Perilaku konsumen ini sangat diperlukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu produk dan konsumen dapat dijadikan informasi bagi perusahaan untuk menetapkan harga.e. Analisis ekonomi bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi pertumbuhan pendapatan dan produksi perusahaan serta menentukan apa yang perlu dilakukan di masa depan agar perusahaan dapat sukses.


2.tujuan pemasaran

Tujuan pemasaran adalah tujuan yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan atau organisasi melalui upaya pemasaran yang dilakukannya. Tujuan pemasaran ini antara lain meningkatkan kesadaran produk, meningkatkan penjualan, meningkatkan kualitas produk, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan lain-lain.Tujuan Pemasaran Umum:a. Meningkatkan kesadaran produk: Meningkatkan kesadaran produk dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.b. Pemasaran Ulang: Menjual kembali produk atau layanan melalui strategi pemasaran yang efektif.c. Meningkatkan kualitas produk: Meningkatkan kualitas produk atau layanan yang diberikan untuk memuaskan pelanggan dan meningkatkan penjualan.d. Meningkatkan keamanan pelanggan: Meningkatkan keamanan pelanggan dengan memberikan informasi yang akurat dan jelas tentang produk atau jasa yang ditawarkan.Selain itu juga, untuk mengenalkan produk lebih lanjut kepada masyarakat luas agar mengenal produk yang kami buat. Tujuan pemasaran, yaitu potensi konsumen untuk mngetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka untuk produk kami. Selain itu, lebih mengenal dan memahami pelanggan sehingga produk ini cocok dan dapat dijual dengan sendirinya. (Nuranisa, 2021).

3.Produksi

 Seperti yang dikatakan Miler dalam (Pamuji, 2012: 11)secara umum kata produksi diartikan sebagai penggunaan atau penggunaan sumber daya yang mengubah barang menjadi barang lain yang sama sekali berbeda baik kualitasnya. dan kualitas. Apa, di mana, dan kapan barang akan dikirim adalah hal yang penting, begitu pula apa yang dapat dilakukan pelanggan terhadap produk tersebut. Kata produk mengacu pada barang dan jasa karena kata produk sebenarnya merupakan konsepdan mengacu pada barang dan jasa. Keduanya dilakukan dengan uang dan tenaga. Produksi adalah sebuah konsep aliran; Artinya, produksi adalah suatu kegiatan yang diukur berdasarkan tingkat keluaran per satuan waktu. Sedangkan outputnya sendiri dinilai memiliki kualitas yang konsisten. 

4.Fungsi produksi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun