Reysabel Ruviana
Reysabel Ruviana

Mahasiswi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Bagaimana Sejarah Internet hingga Dapat Hadir di Depan Mata Netizen?

15 September 2018   00:06 Diperbarui: 15 September 2018   00:27 165 0 0
Bagaimana Sejarah Internet hingga Dapat Hadir di Depan Mata Netizen?
dokpri

Hampir seluruh lapisan masyarakat sudah diterpa pengaruh internet. Netizen menggunakan fasilitas internet dan hidupnya akan terasa lebih mudah. Tapi apakah netizen sudah tahu bagaimana peristiwa lahirnya internet dan akhirnya hadir di depan mata kita? Mari kita simak paparan di bawah ini.

Internet mulai terbentuk pada tahun 1969. Pencetus adanya gagasan internet adalah Advanced Research Projects Agency (ARPA). ARPA merupakan organisasi milik Amerika Serikat.

ARPA dibentuk untuk menyaingi keberhasilan peluncuran satelit milik Rusia, yaitu Sputnik. Organisasi bentukan Amerikat Serikat ini mencoba mengalahkan Rusia di bidang teknologi dan informasi dengan membuat sebuah jaringan informasi dengan menggunakan komputer. Akhirnya, ARPA membuat jaringan internet yang disebut ARPANET.

Pada awalnya, ARPANET hanya dapat menghubungkan empat komputer. Dengan kecerdasan peneliti, ARPANET dapat meningkatkan performanya. Jumlah komputer yang terhubung ARPANET meningkat.

Jumlah komputer yang terhubung jaringan ARPANET meningkat diiringi dengan kemunculan surat elektronik atau e-mail. E-mail muncul di tahun 1972.

Sekitar 100.000 server sudah terhubung ARPANET pada tahun 1989. Walaupun jumlah server meningkat, ARPANET masih belum bisa digunakan oleh banyak orang. Belum banyak orang yang memiliki pengetahuan dalam pengoperasian internet di masa itu.

Pada tahun yang sama, internet berkembang ditandai dengan kemunculan Hypertext Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan salah satu cara pendistribusian informasi melalui internet.

World Wide Web (WWW), sebuah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi pengguna internet ini muncul di tahun 1990. WWW dikembangkan oleh Tim Berners-Lee. WWW ini memungkinkan semua orang di dunia saling berhubungan dengan cara yang mudah. Tentunya melalui internet.

WWW ini membuat media online muncul di Amerika Serikat. Media online pertama di Amerika Serikat adalah Chicago Online. Chicago Online merupakan surat kabar Chicago Tribune dalam versi daring. Sejak saat itu, media online mulai berkembang hingga saat ini.

Bagaimana dengan perkembangan media online di Indonesia? Mau tahu? Silakan baca artikel Jatuh Bangun Media Online Indonesia.

Sumber:

Buku Pintar Menguasai Internet (Darma, Jarot S., dan Shenia A.)