Mohon tunggu...
Reynal Prasetya
Reynal Prasetya Mohon Tunggu... Penulis - Broadcaster yang hobi menulis.

Penyuka Psikologi, Sains, Politik dan Filsafat yang tiba - tiba banting stir jadi penulis Fiksi. Baca cerita terbaru saya disini : https://www.wattpad.com/user/Reypras09

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Antara Ahmad Dhani dan Reynal Prasetya

17 Oktober 2021   10:29 Diperbarui: 17 Oktober 2021   10:30 537
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Collage Ahmad Dhani & Reynal Prasetya (Sumber Foto Ahmad Dhani: KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG) edit pribadi.

Memang tidak sebanding apabila mensejajarkan seorang Ahmad Dhani dengan seorang Reynal Prasetya. Ibarat langit dan bumi, Ahmad Dhani seorang musisi fenomenal yang legendaris itu bukan lawan sebanding bagi seorang Reynal Prasetya yang nyaris cupu soal musik dan mahir dalam berkarya.

Namun akhir-akhir ini saya menemukan suatu fenomena yang mencengangkan, tahukah anda bahwa seseorang atau tokoh yang kita idolakan itu sebenarnya merupakan cerminan dari diri kita sendiri?

Salahsatu contoh sederhana misalnya, ketika anda merupakan sosok yang pemberani mustahil anda akan mengidolakan sosok atau tokoh yang penakut bahkan pengecut, anda kerap kagum dan mengidolakan sosok atau tokoh yang kuat dan berani karena anda pun merupakan sosok yang demikian. Itu fakta.

Jadi sederhana saja, ketika misalnya saya mengidolakan sosok Ahmad Dhani yang sudah diakui kejeniusannya, maka itu merupakan indikasi bahwa saya orang yang, yah anda bisa menyimpulkannya sendiri dan bisa menilai bagaimana keluwesan berpikir saya dari artikel ini.

Sebenarnya saya tidak begitu langsung tertarik dan kagum dengan sosok Ahmad Dhani dari semenjak awal kemunculannya di belantika musik tanah air hingga dirinya menjadi legend sampai sekarang. Baru akhir-akhir ini saya mengenal beliau lebih dekat dari hasil wawancara dan talkshow yang bertebaran di Youtube pasca ia bebas dari penjara.

Dulu yang saya tahu Ahmad Dhani tidak lain hanya seorang musisi yang gemar membuat kontroversi, dan saya tidak pernah tertarik untuk mengulik sosoknya lebih dalam.

Tapi anehnya meski dia terkenal sebagai musisi yang penuh kontroversi, kita tidak bisa menyangkali bahwa karya-karyanya memang luarbiasa patut diapresiasi. Hingga belakangan muncul istilah, meski Ahmad Dhani penuh dengan kontroversi tapi karya-karyanya tetap dicintai apalagi dikalangan Baladewa sejati.

Saya bahkan setuju dengan statement beliau yang satu ini, "Banyak yang bilang Ahmad Dhani itu bego, tapi semua itu akan terbantahkan ketika mereka mendengarkan karya-karya saya. Mana ada orang bego bisa bikin lagu sebagus Roman Picisan, atau Persembahan Dari Surga." saat diwawancari dalam salahsatu kanal Youtube.

Saya hanya bisa mengangguk kagum dengan statement yang dilontarkannya. Faktanya memang demikian. Hanya orang jenius yang dapat membuat lagu yang antara lirik dan musikalitasnya terasa sangat pas, enak, nyambung dan pesannya sampai kepada pendengar.

Itulah uniknya seorang Ahmad Dhani representasi sosok jenius yang langka dalam belantika musik tanah air. Dia pantas mendapat julukan "The One and Only."

Lalu apa kaitannya dengan sosok seorang Reynal Prasetya yang sama sekali bukan lawan sebanding Ahmad Dhani di bidang musik? Disinilah faktanya bahwa kita adalah cerminan dari sosok yang kita idolakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun