Mohon tunggu...
Reva Meilianti Putri
Reva Meilianti Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang UPI 2019

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang UPI 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kelompok 21 KKN Tematik UPI 2022 Berikan Totebag Gratis kepada Warga di Kelurahan Ciumbuleuit

17 Agustus 2022   01:18 Diperbarui: 18 Agustus 2022   17:06 61 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) 2022 yang diikuti sebanyak 7.089 mahasiswa. KKN pada tahun ini dilaksanakan dengan rentang satu bulan mulai dari tanggal 11 Juli 2022 hingga 10 Agustus 2022 secara hybrid (luring dan daring). Tema dan program kerja KKN Tematik yang diusung oleh UPI kali ini adalah "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa & MBKM" dengan 17 poin utama yang terdapat dalam program SDG's Desa untuk dijadikan tema dan program kerja bagi setiap kelompok KKN-T UPI 2022. Terkait dengan 17 poin utama tersebut yang menjadi fokusan utama dalam program kerja KKN kelompok 21 adalah "Produksi dan Konsumsi Desa" yang dilaksanakan di Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap.

Kelompok 21 memiliki lima program kerja yang telah dilaksanakan dan salah satu program kerja tersebut adalah Akustik (Ayo Kurangi Plastik). Gerakan Akustik ini dilatarbelakangi karena penggunaan sampah plastik yang secara tidak sadar masih digunakan dan menjadi suatu kebiasaan dalam berkegiatan sehari-hari oleh masyarakat. Salah satu contohnya yaitu ketika berbelanja ke pasar, warung, dan minimarket untuk membawa barang yang dibeli masih menggunakan kantong plastik. Sehingga jika kebiasaan ini terus menerus dilakukan sampah plastik akan semakin menggunung. Sedangkan sampah plastik sendiri memiliki jangka waktu yang tidak sebentar untuk terurai.

Hal tersebut pun masih menjadi suatu kebiasaan warga kelurahan Ciumbuleuit terutama di RW 07. Walaupun di RW tersebut sudah terdapat Bank Sampah untuk pengelolaan sampah, namun masih banyak warga sekitar yang masih belum mengetahui mengenai Bank Sampah tersebut sehingga untuk pengelolaan dan pemilahan sampah di rumah masing-masing masih belum teratur secara baik. Oleh karena itu, dalam gerakan ini kelompok 21 KKN UPI memberikan totebag atau tas belanja ramah lingkungan secara cuma-cuma atau gratis sebagai pengganti kantong plastik sekaligus sosialisasi pengurangan sampah plastik kepada warga sekitar.

(dokpri)
(dokpri)

Kegiatan pembagian totebag ini dilaksanakan pada hari Sabtu (06/07/2022) dan dibagikan dengan cara barter, yaitu dengan sampah botol plastik yang dibawa oleh warga ke Bank Sampah. Banyak sekali warga yang berdatangan membawa sampah botol plastik untuk ditukar dengan totebag. Selain itu, kami juga berkeliling sekitar RW 07 untuk memberikan totebag kepada warga sekitar secara door to door sekaligus untuk bersilaturahmi kepada warga sekitar. Kelompok 21 KKN Tematik UPI dalam gerakan Akustik ini membagikan sebanyak 450 totebag atau tas belanja ramah lingkungan.

(dokpri)
(dokpri)

Dengan adanya program kerja dan gerakan Akustik (Ayo Kurangi Plastik) ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk lebih mawas dalam penggunaan plastik dan mengurangi sampah plastik yang salah satunya solusinya bisa ditanggulangi dengan cara menggunakan totebag atau tas belanja ramah lingkungan di kehidupan sehari-hari.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan