Mohon tunggu...
Florentina Retno Parwiyati
Florentina Retno Parwiyati Mohon Tunggu... Simple life for better person

Menulis sejak 2015 Tukang jahit yang hobi nulis

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Jogja Menjadi Tuan Rumah Konferensi Apoteker Muda se-Asia Pasifik

9 November 2019   02:12 Diperbarui: 9 November 2019   02:20 0 0 0 Mohon Tunggu...
Jogja Menjadi Tuan Rumah Konferensi Apoteker Muda se-Asia Pasifik
Konferensi pers bersama Presiden IYPG dan AYPG, Ketua IAI dan perwakilan dari Taiwan, Filipina, Malaysia

Selama empat hari mulai tanggal 7 - 10 November 2019 digelar berbagai rangkaian acara AYPG. Asian Young Pharmacists Group adalah komunitas yang beranggotakan para Apoteker muda berusia di bawah 35 tahun. Indonesia patut berbangga karena Presiden AYPG periode 2018-2020 diketuai oleh Audrey Clarissa dari Indonesia.  

Selain AYPG ada IYPG (Indonesian Young Pharmacists Group) merupakan komunitas apoteker Indonesia resmi untuk para Apoteker muda dibawah IAI ( Ikatan Apoteker Indonesia).

 Nurul Falah selaku  ketua IAI mengatakan sangat mensupport setiap kegiatan yang dilakukan oleh IYPG dan AYPG yang bertujuan baik membangun kerjasama dan bersinergi menghadapi tantangan dan perkembangan dunia farmasi khususnya di Indonesia dan Asia Pasific. 

Peserta AYPG 2019|dokpri
Peserta AYPG 2019|dokpri

Rangkaian kegiatan AYPG diawali dengan Annual Business Meeting (rapat tahunan). Dilanjutkan kunjungan ke 2 Rumah Sakit yang ada di Yogyakarta, yaitu Rumah Sakit Bethesda dan Rumah Sakit UII. Hari pertama ditutup dengan welcome dinner ( makan malam bersama sebagai ucapan selamat datang untuk seluruh peserta.(7/11)

300 peserta hadir dalam konferensi ini, 50 lebih merupakan perwakilan negara-negara di Asia Pasific seperti Malaysia, Filipina, Vietnam, Kamboja, Jepang, Singapura dan juga Taiwan. Yang hadir adalah para apoteker-apoteker muda yang bekerja di dunia farmasi  maupun dari akademisi. Hingga saat ini tercatat 10 negara yang menjadi anggota AYPG.

Kegiatan hari kedua diawali dengan pembukaan, acara dibuka secara resmi oleh Ibu Dita perwakilan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 

Dilanjutkan dengan konferensi pers dan leadership summit yang dibagi dalam beberapa sesi selama dua hari kedepan dan merupakan acara inti dari AYPG 2019. Masih di hari yang sama dibahas tentang apa yang terjadi di dunia saat ini dan bagaimana peran dunia farmasi.

 Seperti yang disampaikan oleh presiden IYPG Arde Toga Nugraha dalam konferensi pers bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan kolaborasi antar apoteker di Asia dan menguatkan kembali kolaborasi yang sudah terjalin di antara apoteker Indonesia. Leadership merupakan hal yang sangat penting untuk para generasi muda saat ini juga untuk para Apoteker muda.

 Terlebih di era Milenial seperti sekarang perkembangan teknologi yang begitu cepat dan arus informasi yang juga sangat cepat. Apoteker muda merupakan generasi penerus dari IAI dituntut untuk bisa lebih bertanggung jawab menjamin bahwa obat-obat itu dibuat dengan berkualitas, dilayakkan kepada pasien yang memenuhi kaidah-kaidah dan diberikan demi keselamatan pasien. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x