Mohon tunggu...
Resti anggraini
Resti anggraini Mohon Tunggu... Guru - GURU IPA SMKN 1 JEJAWI

Saya Orangnya pendiam dan suka jalan-jalan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Selama Menjadi Mahasiswa PPG

31 Oktober 2023   08:00 Diperbarui: 31 Oktober 2023   08:03 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Alhamdullilah saya diberikan kesempatan untuk mengikuti program profesi guru dalam jabatan tahun ini.  Semua ini terjadi Atas izin Allah SWT, karena saya tidak menyangka bisa ikut perkuliahan ini,karena diluar sana ada begitu banyak para guru yang ingin mengikuti PPG ini.

Program profesi guru merupakan pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen menegaskan bahwa guru dan dosen wajib memiliki kualifikasi akademik,komptensi,sertifikat pendidik,sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi kualifikasi lain yang dipersyaratkan satuan pendidikan tinggi tempat bertugas,serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Selama mengikuti PPG ini ada banyak suka dan duka, sukanya ada banyak teman guru dari sekolah sekolah lain kami bisa bertemu disini. Tentunya itu akan menambah  banyak jaringan kerja saya sebagai guru kami bisa saling bertukar pikiran, berbagi ide tentang pembelajaran. Dengan rekan-rekan guru lain saya bisa berbagi pengalaman yang di miliki saat melaksanakan kegiatan pembelajaran disekolah,Sehingga kami mendapat pencerahan untuk penyelesaian permasalahan yang kami dapati disekolah. saya juga sangat senang karena selama PPG ini saya mendapatkan banyak informasi baru yang saya kurang ketahui terkait pembelajaran serta saya banyak dapat masukan dan saran dari para rekan guru-guru. Selain mempunyai kompetensi profesional seorang guru harus mempunyai kompetensi pedagogik,sosial, dan kepribadian. Keempat kompetensi tersebut akan membuat kita menjadi seorang guru yang profesional.

Selain suka, ada juga dukanya. Sebenarnya saya sudah beberapa kali ingin menyerah selama PPG saya sempat down,tapi dikuatkan disemangati oleh keluarga,teman serta dosen n guru pamong,mereka bilang semangat mumpung ada kesempatan dimanfaatkan.dengan tugas-tugas yang begitu menumpuk yang harus diselesaikan disetiap harinya setelah mengikuti perkuliahan. Saya harus betah dengan semuanya itu untuk menjadikan kami guru yang profesional sesuai dengan undang-undang untuk ikut memajukan bangsa dan negara melalui pendidikan.  Duduk didepan laptop merupkan keseheharian kami. Tentu saja diperlukan kesehatan dan motivasi untuk bisa melewati ini semua. 

Pengalaman selama PPG merupakan pengalaman yang sangat berharga,karena PPG dalam jabatan ini sangat membantu khususnya untuk meningkatkan kompetensi saya sebagai guru,  selama PPG saya menjadi lebih paham lagi bagaimana menjadi guru yang seharusnya, saya menyadari begitu banyak kekurangan saya selama menjadi guru. Sebegitu mulia peran guru dalam pembelajaran,menjadi contoh dan menjadi tauladan dengan ilmu yang dipunya. Akhirnya saya berpikir inilah tugas guru yang utama belajar sepanjang hayat dalam kerangka program belajar secara berkelanjutan dimulai dengan PPG.

Sekian pengalaman saya, karena saya masih harus berjuang untuk sampai Uji kinerja dan uji pengetahuan. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk yang membaca, saya berharap bisa Lulus. Aamiin.

Terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun