Mohon tunggu...
Redining Nila Astuti
Redining Nila Astuti Mohon Tunggu... penikmat yang bukan pengila

menulis bukan hanya di kertas, pemimpi yang ingin bergerak dengan mata terbuka

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Mengenal Olahraga Hockey dan Peluang di Dalamnya

17 April 2020   11:38 Diperbarui: 18 April 2020   10:53 83 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Olahraga Hockey dan Peluang di Dalamnya
Dok. Pribadi - Tim Kab.Tangerang Hockey Indoor Merayakan kemenangan Porprov Banten 2018

Di Indonesian tahun 2020 saat ini, hampir setiap kota sudah memiliki perwakilan tim untuk cabang olahraga Hockey. Tapi tidak jarang orang-orang masih bertanya, apa sih hockey itu, bagaimana cara permainannya.

Pepatah bilang tak kenal maka tak sayang, sebelum tau permainannya, disini akan saya bahas terlebih sejarah tentang olahraga tersebut.

Hockey adalah olahraga permainan menggunakan tongkat pukul, dimana prosesnya bertujuan untuk memasukan bola ke gawang lawan dengan kerjasama dan kekompakan tim.

Menggutip dari Penjaskes.co.id, para ahli sejarah menyebut, bahwa permainan hoki berasal dari Persia, karena olahraga yang mirip dengan permainan yang di kenal sekarang telah dimainkan sekitar 4000 tahun yang lalu.

Ukiran-ukiran yang terdapat pada gua di Beni Hassan di lembah Nill menggambarkan, berabad-abad yang lalu oleh orang-orang Mesir bermain suatu permainan yang mirip dengan hoki.

Juga di Yunani sekitar pada 500 tahun sebelum Masehi. Perkumpulan hoki pertama berdiri di Blackhealth, London yaitu pada tahun 1861.

Baru pada tahun 1900 peraturan -- peraturan mulai di seragamkan dan pada tahun 1908, hoki di pertandingkan dalam London games, Induk organsiasi Hoki Internasional terbentuk di Paris pada tahun 1924 dengan nama Federation Internationale de Hockey Surgazon , atau yang disingkat dengan FIH"

Olahraga hockey sendiri masuk ke Indonesia pada masa perang dunia pertama, yang sudah jelas di bawa dan di populerkan oleh orang-orang Belanda. Permainan hockey pertama kali dimainkan sekitar tahun 1920. 

Saat itu, ada sebuah komunitas hoki di Bandung yang didirikan oleh warga Belanda yaitu dari kalangan pelajar sekolah guru lembaga di hollandsch inlandsche kweekschool (HIK) di bawah asuhan nederlands bh indische afdeling theosofische world university (NIATWU).

Jenis permainan hockey sendiri di bagi dalam beberapa jenis, berdasarakan tempat bermain:

  • Hoki Lapangan (field hockey), latar permaianan biasanya pada lapangan berumput atau berkarpet
  • Hoki Ruangan (indoor hockey), latar permainan di dalam ruangan pada lapangan bersemen atau parquette (kayu)
  • Hoki es (ice hockey), latar permainan pada lapangan es

Di Indonesia hockey field dan hockey indoor lebih sering di perlombakan karna iklim daerah yang kurang menunjang terbentuknya lapangan es, walapun beberapakali saya pernah melihat ada pula hockey es yang dimainkan pada lapangan es yang ada di Bintaro Jaya Xchange Mall.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN