Mohon tunggu...
Rephy Ekawatie
Rephy Ekawatie Mohon Tunggu... Administrasi - Pegawai Negeri Sipil/Penulis

Contact: rephy.ekawatie@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Menerapkan Teknik "Pijat" dalam Mengelola Keuangan Pribadi

28 Januari 2022   08:30 Diperbarui: 29 Januari 2022   04:46 819 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi mencatat pengeluaran sebagai salah satu cara mengelola keuangan. Sumber: iStock/PrathanChorruangsak via Kompas.com

Mengutip artikel L.K. Anna pada KOMPAS.com, pijat memiliki manfaat besar memperlancar aliran darah dan menurunkan stres disamping untuk mengendurkan otot-otot yang tegang. Lebih jauh, artikel J. Kareta dalam wikiHow.com mengungkapkan "meluangkan waktu menyiapkan kondisi yang tepat" dan "menggunakan teknik yang tepat" dapat memberikan pengalaman pijat yang mengesankan dan menyembuhkan. 

Kata "meluangkan waktu" dan "teknik yang tepat" merupakan kunci penting dalam melakukan pijatan untuk mendapatkan hasil optimal berupa manfaat memperlancar darah, mengurangi stress, dan mengendurkan otot-otot yang tegang.

Pernah mendengar, orang-orang di sekitar kita yang mengeluhkan "hidup ini semakin berat, ya!". Zaman semakin ga bersahabat. 

Dulu, kita bisa dengan iklas tanpa hirau "ini sudah kali keberapa dalam sehari", memberi seribu atau dua ribu rupiah kepada orang-orang yang sering datang menghampiri kita dengan menadahkan tangan ke atas sambil memasang muka melas. 

Sekarang entah kenapa, melepas seribu atau dua ribu perak itu terlalu sering terasa mulai berat. 

Berat karena membayangkan betapa susahnya untuk mendapatkan seribu atau dua ribu rupiah tersebut di zaman sekarang. 

Pengeluaran tidak semakin kurang, harga juga tidak semakin turun...namun, sumber penghasilan ataupun tambahan penghasilan tidak juga semakin naik atau bertambah. 

Mungkin, malah semakin menurun...karena proses adaptasi era digital dan dampak Pandemi COVID-19 yang masih menyisakan 'baret di wajah zaman' yang 'perihnya' masih terasa hingga sekarang.

Hidup harus terus berjalan. Apapun kondisinya, bagaimanapun situasinya, 'keuangan harus dijaga agar tetap sehat'. 

Salah satu cara agar keuangan tetap sehat...kenapa tidak mencoba untuk 'memijat pengelolaan keuangan pibadi' agar bisa mendapatkan manfaat dari 'pijat' itu sendiri, antara lain: 'memperlancar peredaran darah', 'mengurangi stres', dan 'mengendurkan otot-otot yang tegang' dengan 'meluangkan waktu menyiapkan kondisi yang tepat' dan 'menggunakan teknik yang tepat'.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan