Mohon tunggu...
Repa Kustipia
Repa Kustipia Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Gastronomist (Gastronome)

Membahas Gastronomi di @gastrotourism_academy Berhenti Menjadi Ahli Gizi (Nutritionist Registered) di tahun 2021. Bertransformasi Menjadi Antropolog Pangan. Dokumentasi Lapangan ig : @repakustipia

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Mengenal Food Pairing untuk Mencocokan Cita Rasa Makanan

11 November 2022   06:29 Diperbarui: 14 November 2022   18:45 705
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi makan di tempat atau dine-in di sebuah restoran. (sumber: UNSPLASH/ Jay Wennington via kompas.com)

Ada banyak istilah dalam bidang makanan dan minuman bahkan pangan. Namun, hal-hal yang sebutannya terkesan ilmiah, berbagai istilah yang sulit jarang diketahui oleh banyak orang, padahal menikmatinya dari produk yang sudah diciptakan. 

Namun, tidak ada salahnya mengenal Food Pairing ini, karena siapa tahu, ternyata banyak orang potensial dalam kemampuan ini. 

Food Pairing menurut Buku The Art & Science of Foodpairing yang ditulis oleh Johan Langenbick, Peter Coucquyt, Bernard Lahausse singkatnya adalah cara identifikasi dengan metode ilmiah yang memadukan rasa dari setiap bahan pangan.

Itu juga termasuk makanan dengan mempertimbangkan semua aspek indrawi agar tercipta rasa yang baru dan cocok sehingga menambah kelezatan. 

Sedangkan dalam istilah industri makanan dan minuman Food Pairing adalah pasangan makanan yang cocok dari sudut pandang rasa dengan kombinasi. 

Apakah setiap orang bisa melakukan Food Pairing? Tentu saja jika kemampuan dasar tentang identifikasi aromanya baik. Karena food pairing diawali dari kemampuan membaui suatu aroma terlebih dahulu. 

Bahkan menurut Johan Langenbick dalam bukunya itu menjelaskan bahwa seorang profesional chef yang sudah terlatih kadang bisa terkecoh dan tidak bisa secara cepat mengidentifikasi bau atau aroma jika dalam masakan. 

Tapi hari ini tidak perlu khawatir, para ilmuan makanan sudah membuat panduan komoditas pangan atau bahan makanan yang bisa dicocokan untuk berlatih menciptakan cita rasa yang cocok dan baru. 

Bahan-bahan yang memiliki molekul aroma penentu kunci yang sama rasanya enak bersama adalah dasar ilmiah dari metodologi Food Pairing. 

Sumber gambar: Unsplash.com/foodpairing
Sumber gambar: Unsplash.com/foodpairing

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun