Mohon tunggu...
Reni Winata
Reni Winata Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Monopolistik dan Oligopoli Pengertian, Karakteristik, dan Kelebihan serta Kekurangan

29 November 2022   23:54 Diperbarui: 30 November 2022   07:41 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

RENI WINATA

UNIVERSITAS PALANGKARAYA

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

Apa itu monopolistik & oligopoli?

    Dalam pasar monopolistik masih ada poly penjual & pembeli yg menjual produk yg hampir sama namun mempunyai disparitas. Pasar persaingan monopolistik merupakan bentuk pasar antara pasar tidak sempurna & pasar monopoli. 

    Pasar oligopoli itu adalah pasar tidak sempurna, karena pasar oligopoli itu pasar yang hanya tetdapat beberapa perusahaan atau penjual yang memproduksi barang sejenis, jadi tidak banyak pesaingnya. Pasar oligopoli memiliki tujuan agar para konsumen bisa leluasa memilih produk yang mereka inginkan. Inilah yang akan membuat produsen sadar untuk meningkatkan kualitas produk serta memenuhi kebutuhan konsumen mereka.

Ciri-karakteristik Pasar Persaingan Monopolistik & Oligopoli 

Pasar persaingan monopolistik mempunyai karakteristik-karakteristik menjadi berikut : 

1. Ada  penjual Ketika terdapat lusinan perusahaan pada pasar, pasar persaingan monopolistik terwujud. Dalam pasar persaingan monopolistik, berukuran perusahaan nisbi sama. 

2. Hal yg sama menggunakan fungsi yg tidak sama Lantaran disparitas ini, barang yg diproduksi sang perusahaan pada pasar persaingan monopolistik bukanlah pengganti yg paripurna buat barang yg diproduksi sang perusahaan lain, namun adalah pengganti yg dekat. 

3. Perusahaan mempunyai sedikit imbas dalam harga Kekuatan buat menghipnotis harga terletak dalam jenis barang yg diproduksi, yaitu. pada gaya yg tidak sama. Bahkan apabila harga komoditas naik, Anda masih sanggup menarik pembeli, meskipun pembelinya sebesar sebelum kenaikan harga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun