Bola

6 Nama Legenda Sepakbola Eropa Yang Pensiun Tahun 2017

12 Oktober 2017   04:47 Diperbarui: 12 Oktober 2017   05:44 1516 0 0
6 Nama Legenda Sepakbola Eropa Yang Pensiun Tahun 2017
6 Nama Legenda Sepakbola Eropa Yang Pensiun Tahun 2017

Matagol - Pada tahun ini terdengar banyak pemain - pemain kelas dunia yang ingin mengakhiri karirnya di dunia sepakbola. Berikut adalah 6 nama legenda sepakbola Eropa yang pensiun tahun 2017 ini.

Kamera tidak akan lagi menyorot wajah mereka yang bermandi keringat memperjuangkan kemenangan untuk timnya, untuk menjembatani jarak di antara kita-kita yang duduk di rumah dengan para bintang besar ini yang merumput di Eropa.

Berikut ini 6 nama legenda sepakbola Eropa yang memutuskan pensiun tahun 2017 ini :

1. Frank Lampard

Gelandang papan atas dunia sekaligus pencetak gol terbanyak Chelsea sepanjang masa ini Frank Lampard (38), memutuskan untuk mengakhiri karier sebagai pesepakbola profesional, Kamis (2/2/2017). Keputusannya tersebut pun sontak memunculkan banyak reaksi dari pemain maupun klub elite dunia.

Lampard memutuskan untuk pensiun setelah kontrak kerjanya selesai pada 1 Januari 2017 bersama New York City FC. Sebelumnya pemain berusia 38 tahun itu sempat memperkuat Manchester City selama satu musim.

Namun, gelandang asal Inggris itu sudah menjalani karir yang sukses. Salah satu yang terbaik dalam posisinya di dunia sepak bola, kemampuan Lampard mencetak 20 gol dalam satu musim membuat dia bertahan di puncak selama beberapa dekade.

"Setelah 21 tahun yang luar biasa, saya memutuskan bahwa sekarang adalah waktu tepat untuk mengakhiri karier saya sebagai pemain sepak bola profesional," tulis Lampard pada keterangan video unggahannya di Instagram, Kamis (2/2/2017) sore WIB.

"Saya ingin berterima kasih kepada banyak orang, khususnya kepada orangtua yang telah menanamkan nilai-nilai kerja keras, dedikasi, dan profesionalisme kepada saya." Begitu lanjutnya.

2. Xabi Alonso

Kabar mengejutkan datang dari salah satu pemain berkelas yakni Xabi Alonso. Alonso mengakhiri karirnya sebagai pesepakbola profesional setelah menjalani karir di seluruh Eropa. Termasuk karir yang sukses bersama Liverpool, Real Madrid dan Bayern Munchen.

Lewat akun twitter pribadinya, Alonso mengumumkan bahwa dirinya akan segera gantung sepatu pada akhir musim nanti. Hal tersebut nampak jelas, lantaran Alonso mengunggah sebuah foto hitam putih yang disertai caption, "Saya menyukai dan mencintai olahraga ini. Selamat tinggal".

Seputaran Liga Champions Musim 2017/2018


Gelandang elegan, yang merupakan bagian penting dari kemenangan Spanyol di Piala Dunia pada 2010, tidak pernah membiarkan usia mempengaruhi permainannya dan bahkan selama tahun-tahun terakhirnya. Hal itu membuat Alonso menjadi pemain yang luar biasa.

Alonso memulai karier sepakbolanya sejak 1999 silam yang saat itu bersama Real Sociedad. Kariernya semakin melambung setelah pemain berusia 35 tahun hijrah ke Liverpool pada 2004. Setelah lima tahun berselang, Alonso memutuskan pulang ke negaranya dan bermain untuk Real Madrid.

3. Phillip Lahm

Mungkin pemain yang paling konsisten dalam hal level penampilan, Philipp Lahm memilih untuk pensiun dari sepakbola selagi masih di puncak. Ia mengakhiri karirnya dengan mengantarkan Bayern Munchen meraih gelar Bundesliga lainnya.

Seusai pertandingan menghadapi VFL Wolfsburg pada Febuari lalu, Lahm secara resmi mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun dari dunia sepak bola pada akhir musim nanti. Lahm hanya bermain untuk satu klub sepanjang karirnya. Ia merupakan jebolan asli akademi Bayern, dan tetap terus setia, bahkan hingga akhir kariernya nanti.

Lahm yang piawai bermain sebagai fullback dan gelandang memutuskan pensiun dari kancah internasional setelah memenangkan Piala Dunia bersama Jerman pada tahun 2014. Tahun ini ia memilih gantung sepatu setelah menjalani karir yang penuh dengan trofi.

"Saya bisa melanjutkan gaya kepemimpinan dan memberikan yang terbaik dalam setiap latihan hingga akhir musim. Saya bisa lanjut, tetapi nggak setelahnya," kata Lahm dikutip BBC.

4. Dirk Kuyt

Striker sekaligus kapten Feyenoord Rotterdam, Dirk Kuyt, yang kini telah berusia 36 tahun memutuskan mengakhiri karir sebagai pesepakbola eropa pada akhir 2016-2017.

Meski sudah nggak muda, Kuyt sebenarnya masih menjadi andalan Feyenoord. Dalam 34 pertandingan Eredivisie atau kasta tertinggi Liga Belanda musim ini, eks penyerang timnas Belanda itu dipercaya pelatih Giovanni van Bronckhorst tampil 31 kali.

Pemain asal Belanda itu menghabiskan tiga tahun di Feyenoord setelah bermain di Utrecht. Namun, ia meraih kesuksesan besar ketika berada di Anfield dan dengan cepat menjadi pemain favorit fans Liverpool.

Kuyt juga memberikan kontribusi besar dalam kesuksesan mengantarkan Feyenoord menjadi juara Liga Belanda. Ia menjadi pemain tersubur ketiga dengan 12 gol setelah Nicolai Jorgensen (21 gol) dan Jens Toornstra (14).

Kuyt pun menjadi pahlawan tim dengan mencetak hat-trick saat Feyenoord mengalahkan Heracles 3-1 pada pekan terakhir. Gelar tersebut juga sudah lama dinantikan oleh De club aan de Maas sejak 1998-1999 atau 19 tahun silam.

"Di sepanjang karier, saya selalu mengikuti apa kata hati dalam mengambil keputusan. Hal ini juga berlaku dalam menentukan yang satu ini," kata Kuyt kepada BBC.

"Bagi saya, ini adalah waktu yang tepat untuk pensiun," ucapnya.

5. Francesco Totti

Kapten AS Roma, Francesco Totti, ditemani istri dan ketiga anaknya memberi ucapan perpisahan kepada publik Olimpico seusai laga Serie A kontra Genoa pada 28 Mei 2017.

Pemain berkebangsaan Italia ini, hanya membela satu klub sepanjang karirnya, yaitu AS Roma. Francesco Totti telah bermain untuk Roma sejak 1989 silam, dan nampaknya segera berakhir pada akhir musim nanti.

Masih mencetak gol di usia 40-an, mantan pemain internasional Italia itu memegang sejumlah rekor setelah bermain cukup lama di kasta tertinggi sepakbola Italia. Salah satunya adalah berada di urutan kedua sebagai pencetak gol terbanyak Seri A sepanjang masa.

Pangeran Roma ini melambangkan kesetiaan setelah menghabiskan 25 tahun karir sepakbolanya di Stadion Olimpico. Selain itu, ia juga pernah menolak pindah ke Real Madrid selama masa jayanya.

6. Andrea Pirlo

Rekan Frank Lampard di New York tidak lain adalah Andrea Pirlo. Ia menjadi legenda terbaru yang mengumumkan mundur dari sepakbola setelah bermain lebih dari 20 tahun.

Mastro Italia itu sudah memenangkan banyak trofi setelah menjalani karir bersama AC Milan dan Juventus dan juga ikut bermain saat Italia memenangkan Piala Dunia 2006. Warisan Pirlo akan terus hidup karena peran deep-lying playmaker yang sangat identik dengan dirinya.