Mohon tunggu...
RENDY RAMDHANI
RENDY RAMDHANI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa, Konten Kreator Digital

Saya merupakan Mahasiswa Universitas PGRI Wiranegara Kota Pasuruan, dan saya juga merupakan seorang konten kreator digital (instagram dan youtube)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gemilangnya Karnaval HUT RI ke-78 : Dusun Lohduwur Pleret Memukau dengan Pesona Kreativitas

30 Agustus 2023   12:12 Diperbarui: 30 Agustus 2023   12:15 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://instagram.com/reviandyazhar

Pleret, 27 Agustus 2023 - Dalam rangka memperingati usia yang ke-78 bagi Republik Indonesia, warga Dusun Lohduwur, RT 01/RW 02 Pleret, menyelenggarakan sebuah karnaval yang mengesankan dan penuh semangat. Dipimpin oleh Bapak Faris Ananda Abdillah, Ketua RT 01, dan Bapak Mohammad Khojin, Ketua RW 02, acara karnaval ini menjadi sorotan karena berhasil menggabungkan kreativitas, kebersamaan, dan semangat kebangsaan yang menggelora. Dengan kerjasama erat dari Pemuda-pemudi Karang Taruna Dusun Lohduwur Pleret RT 01/RW 02, karnaval ini berlangsung pada hari Minggu, tanggal 27 Agustus 2023.

Karnaval dalam rangka Hut RI ke-78 ini menjadi ajang bagi warga Dusun Lohduwur Pleret untuk menunjukkan kreativitas dan semangat nasionalisme mereka. Dengan tema "Kebanggaan dalam Keanekaragaman," peserta karnaval mempersiapkan diri dengan penuh semangat untuk menghadirkan penampilan yang mengagumkan dan penuh makna. Acara karnaval ini tidak hanya melibatkan warga dusun saja, tetapi juga melibatkan kerja sama dari Pemuda-pemudi Karang Taruna Dusun Lohduwur Pleret RT 01/RW 02. Mereka secara aktif terlibat dalam perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan karnaval. Kolaborasi antara berbagai unsur masyarakat ini menciptakan sinergi yang luar biasa, memastikan keberhasilan acara dengan segala persiapannya.

Karnaval dimulai dengan semaraknya pawai yang menampilkan pesona budaya Nusantara. Berbagai kelompok mengenakan kostum tradisional yang memukau, merepresentasikan keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Ada juga yang mengenakan kostum modern dengan sentuhan nuansa kebangsaan, menciptakan harmoni antara tradisi dan inovasi. Setiap peserta karnaval tidak hanya memamerkan penampilan yang indah, tetapi juga menghadirkan pesan-pesan penting tentang kebangsaan. Berbagai gerakan dan tarian menggambarkan semangat persatuan dan keragaman. Sejumlah gerbong karnaval juga dihiasi dengan gambar-gambar pahlawan nasional, momen sejarah, serta simbol-simbol nasional yang memberikan pengetahuan dan inspirasi kepada penonton.

Tidak hanya peserta karnaval yang memancarkan semangat, tetapi juga penonton yang memadati rute karnaval. Warga Dusun Lohduwur Pleret dan warga sekitar datang untuk menyaksikan dengan antusias. Sorak sorai dan tepuk tangan mengiringi setiap kelompok yang berlalu, menciptakan atmosfer yang meriah dan penuh kebanggaan. Dalam pidato singkat saat pembukaan acara, Bapak Faris Ananda Abdillah dan Bapak Mohammad Khojin menegaskan pentingnya menjaga persatuan dan semangat kebangsaan. Mereka mengajak semua warga untuk terus menghargai keanekaragaman budaya dan memperkuat ikatan sosial yang ada.

Melalui karnaval yang spektakuler ini, Dusun Lohduwur Pleret berhasil mengukir prestasi dengan menghadirkan momen bersejarah yang tak terlupakan. Pesan kebangsaan dan semangat persatuan yang digelorakan dalam karnaval ini diharapkan akan menerangi jalan bagi generasi mendatang dalam mewujudkan masa depan yang cerah bagi Indonesia yang lebih baik. Dengan kreativitas yang memukau dan semangat kebersamaan yang terasa di setiap langkah, karnaval dalam rangka Hut RI ke-78 di Dusun Lohduwur Pleret menjadi bukti konkret bahwa keindahan dapat diciptakan melalui kerja keras dan kolaborasi. Sebuah perayaan yang melampaui sekadar acara, tetapi menjadi simbol persatuan dan cinta tanah air.

Karnaval Hut RI ke-78 di Dusun Lohduwur Pleret RT 01/RW 02 bukanlah sekadar perayaan, melainkan simbol persatuan dan semangat bangsa. Dengan kekompakan dan kolaborasi, warga masyarakat, pemerintahan setempat, dan pemuda-pemudi dari Karang Taruna bersama-sama menciptakan sebuah pengalaman tak terlupakan. Melalui kreativitas dan semangat, karnaval ini memberikan pesan kuat tentang pentingnya mempersatukan perbedaan dalam perjalanan menuju masa depan yang lebih baik.

https://instagram.com/reviandyazhar
https://instagram.com/reviandyazhar

https://instagram.com/karangtarunasatuduwa
https://instagram.com/karangtarunasatuduwa

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun