Mohon tunggu...
RENDRA BC
RENDRA BC Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis menjadi bagian dari sebuah hobby, dengan menulis saya mencoba mengekpresikan apa yang ada dalam pikiran

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru Merdeka: Menjalankan Trilogi Pendidikan

24 November 2022   16:15 Diperbarui: 24 November 2022   16:20 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Guru adalah seseorang yang mengabdikan dirinya untuk senantiasa berbagi ilmu untuk mendidik, mengarahkan, dan melatih peserta didiknya dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari yang belum memahami menjadi memahami akan sesuatu. 

Guru merupakan akronim dari di gugu dan di tiru, yang bermakna bahwa setiap tingkah laku guru akan di tiru oleh peserta didiknya dan akan senantiasa digugu atau diikuti setiap perkataan atau intruksi yang diberikan kepada peserta didiknya.

Oleh karena itu, menjadi seorang guru tidaklah mudah namun tidak juga sulit. Sejalan dengan trilogi pendidikan yang dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani. 

Semboyan atau trilogi ini menjadi pondasi awal yang harus dikuasai oleh seorang pendidik atau guru. Sehingga dapat menjadi seorang guru yang merdeka yaitu guru yang mampu bertahan dengan kekuatan sendiri baik lahir maupun bathin yang tidak selalu tergantung kepada orang lain, meskipun sejatinya seorang guru adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain.

Ing Ngarso Sung Tulodho yang memiliki arti di depan memberi teladan. Seorang guru harus bisa menjadi teladan bagi peserta didiknya. Maka dari itu, Kompetensi kepribadian menjadi salah satu yang harus dikuasasi atau dimiliki oleh seorang guru/pendidik agar menjadi guru merdeka. Mengapa demikian?

Kepribadian akan membentuk karakter dan sifat diri seseorang, kepribadian yang baik akan menanamkan karakter dan sifat pribadi yang baik juga. 

Apalagi pada usia anak sekolah dasar yang dominan pada melihat kemudian menirukan apa yang dilihat, menjadikan kepribadian seorang guru harus tampak baik dan seharusnya baik dimata anak-anak.

Kemampuan kepribadian adalah kemampuan diri yang mencerminkan suatu kepribadian dari seseorang yang menjadi teladan yang baik. Kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang guru/pendidikan antara lain :

1.Dewasa yaitu menunjukan sifat mandiri

2.Arif yaitu menampilkan tindakan sesuai kebermanfaatannya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun