Mohon tunggu...
Rendi Septian
Rendi Septian Mohon Tunggu... Guru - Founder Bimbel The Simbi

Seorang pengajar yang ingin berbagi ilmu, kisah dan pengalaman

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

10 Teka-Teki MPLS Tergokil dari Masa ke Masa

17 Juli 2022   22:52 Diperbarui: 17 Juli 2022   23:21 777 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dear Kompasianers, apa yang terlintas dalam pikiran kita ketika pertama kali mendengar MPLS? Yups, teka-teki barang yang harus dibawa. Tentunya kita punya kenangan tersendiri di mana waktu itu belum zamannya Google, so untuk mengerti itu apa mesti bertanya kepada ortu atau kakak kelas, berbeda dengan zaman sekarang yang malah Google sendiri mendapat perbendaharaan kata baru dari anak sekolahan. Sebelum kita ulas 10 teka-teki tergokil yang pernah ada, kita kenalan dulu yuk dengan MPLS.

Liburan sekolah telah berakhir, saatnya para siswa menyiapkan diri untuk mengikuti MPLS. Meskipun isu virus varian baru menguap akhir-akhir ini akan tetapi antusiame MPLS tidak padam. Apa itu MPLS ? MPLS adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Menilik sejarahnya, ada beberapa pergantian nama hingga sekarang menjadi MPLS. Dahulu bernama MOS yaitu Masa Orientasi Siswa.

MOS identik  dengan perpeloncoan kakak tingkat yang kemudian disebut Senior terhadap siswa baru atau Junior. Terlebih kata Orientasi tidak sefamiliar dengan kata Pengenalan Lingkungan Sekolah. 

Orientasi terkesan memaksakan kehendak, baik sekolah maupun senior, kepada Junior tentang sikap apa yang mesti mereka ambil dan dibenarkan menurut sekolah. Karena mengharuskan siswa baru 'sesuai' dengan aturan main sekolah, tak jarang senior yang terlalu idealis hingga kebablasan dalam mengarahkan Juniornya. 

Hingga akhirnya ada di antara Junior nya yang merasa tersakiti, padahal tujuannya adalah menerapkan kedisiplinan. Saya yakin diantara kita pasti ada yang masih mengingat 'masa indah' itu, kan ? Mengapa berubah menjadi MPLS karena rupanya ingin menghilangkan kesan negatif tentang disorientasi yang terjadi pada Masa Orientasi Siswa.

Adanya kasus tersebut berbuah manis dengan berubahnya nama MOS menjadi MPLS. Diharapkan siswa baru lebih nyaman dalam mengenal tempat ia akan menuntut ilmu. Mengenal dengan baik guru-gurunya, teman-temannya bahkan hingga segala sesuatu yang ada di lingkungan sekolah itu. Intinya lebih humanis ya.

Seperti yang telah kita singgung di awal paragraf, di bawah ini adalah 10 teka-teki tergokil MPLS dari masa ke masa, check these out guys!

1. Pisang 1 sisir. Itu artinya kita hanya disuruh membawa 1 pisang dan 1 sisir, bukan membawa pisang satu sisir dalam arti sebenarnya. Saya pernah makan nasi dengan lauknya buah pisang, untungnya hanya satu guys, gak kebayang jika satu sisir. Bisa mual seharian.

2. Chiki 2 Taro 1. Ini maksudnya kita hanya membawa 2 pcs Chiki dan dikumpulkan ke Senior 1 Pcs. Nah lho gimana dong yang udah tanggung bawa Taro 1 pcs juga? Ya tidak apa-apa, kan bisa diamankan oleh Senior. Senior juga manusia butuh ngemil. Hehe Peace.

3. Ayam pejantan tangguh. Dulu, tidak banyak logo dengan wujud ayam jago. Sekarang berseliweran produk baru dengan logo 'pejantan tangguh'. Jika dulu maksudnya adalah bukan membawa ayam jago hidup-hidup ke sekolah, tetapi membawa cokelat dengan logo ayam. Anak 90-an pasti tau banget cokelat apa yang dimaksud haha.

4. Handuk selamat pagi. Nah lho kenapa pula harus bawa handuk? Rupa-rupanya untuk mengelap keringat karena ada momen dipanggang diterik matahari biar matang sebagai siswa hehe. Ada yang pernah membawa handuk itukah? Ya, handuk putih tipis bertuliskan good morning. Ada filosofi dibalik pemilihan handuk ini, yaitu agar siswa baru selalu bersemangat seperti semangatnya di pagi hari. Cakep kan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan