Mohon tunggu...
Renata Indah Permatasari
Renata Indah Permatasari Mohon Tunggu... Perawat - Mahasiswi Kesehatan

Hai, Saya Renata. Mahasiswi Keperawatan disalah satu universitas daerah Jawa Timur. Untuk 1 - 2 tahun kedepan saya akan menjalani kehidupan sebagai mahasiswi yang kemungkinan akan saya bagikan di blog saya. hope u enjoy it.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Tips Menjaga Kesehatan di Cuaca Panas

7 Mei 2023   15:08 Diperbarui: 7 Mei 2023   15:14 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Seperti yang kita ketahui akhir akhir ini sebagian negara asia khususnya Indonesia sedang mengalami suhu yang sangat panas. Di suhu seperti ini sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita, terlebih untuk kita yang sering bekerja dilapangan atau diluar ruangan. 

Dengan terpaparnya suhu panas dalam durasi yang lama akan menyebabkan suhu tubuh meningkat, bahkan bisa menyebabkan tubuh terkena heatstroke. Heatstroke adalah kondisi ketika tubuh mengalami peningkatan suhu diluar batas toleransi, dengan gejala seperti demam tinggi, berkeringat deras, sakit kepala, lonjakan denyut nadi secara mendadak, kulit memerah dan bibir kering, mual muntah, pernafasan cepat hingga pingsan.

Untuk menghindari kejadian seperti itu ada beberapa hal yang harus dilakukan agar dapat meminimalisir dampak cuaca panas bagi tubuh.

TIPS MENJAGA KESEHATAN TUBUH DI CUACA PANAS

Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan tubuh di cuaca panas yang dapat dilakukan, diantaranya :

  • Minum air putih yang cukup sesuai kebutuhan tubuh.

Cuaca panas membuat tubuh lebih sering berkeringat, melalui keringat itulah cairan tubuh mengalami penguapan. Apabila asupan cairan yang dibutuhkan tidak terpenuhi maka tubuh akan mengalami yang namanya dehidrasi. Oleh karena cukupi kebutuhan cairan tubuh minimal 8 gelas sehari/ 2 – 3 Liter sehari, sesuaikan juga kegiatan yang dilakukan dalam sehari.

  • Hindari terpapar sinar matahari terlalu lama

Dengan cuaca yang panas dan matahari seolah olah berada diatas kepala kita, sebisa mungkin kita mengurangi kegiatan diluar ruangan dalam durasi yang lama. Biasanya matahari sedang terik – teriknya berada di pukul 10 pagi hingga 2 siang. Bila memungkinkan segeralah berteduh dibawah pohon atau masuk keruangan ber- AC.

  • Gunakan tabir surya dan pakaian yang tertutup

Penggunaan tabir surya atau sunscreen minimal 30 SPF menjadi hal yang wajib di cuaca panas seperti sekarang ini. Penggunaan sunscreen ditambah pakaian yang tertutup akan melindungi kulitmu dari bahayanya paparan sinar UV yang dapat membakar kulit dan memicu penuaan dini. Hindari penggunaan baju berwarna gelap, karena warna gelap akan menyerap panas dan membuat semakin panas.

  • Olahraga di ruangan tertutup

Sekalipun cuaca sedang panas tidak menjadikan alasan kita untuk tidak melakukan olahraga secara rutin, namun pada kondisi cuaca yang seperti saat ini sangat disarankan untuk berolahraga didalam ruangan karena khawatir heatstroke, dehidrasi berat dan gangguan yang lainnya.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan di cuaca panas. Apabila kamu merasa tubuhmu mengalami keluhan kesehatan setelah melakukan kegiatan di cuaca panas, segara periksakan diri ke pelayanan kesehatan terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun