helen_s.maria
helen_s.maria #traveladdict #exploreindonesia #exploretheworld

Kemanapun kesempatan membawa pergi.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Salam dari Biota Laut Imut-imut Laha, Teluk Ambon

6 Desember 2018   17:48 Diperbarui: 7 Desember 2018   21:29 549 5 2
Salam dari Biota Laut Imut-imut Laha, Teluk Ambon
Baby Cow Fish - Salam dari Biota Laut Imut-imut Laha, Teluk Ambon

WELCOME TO AMBON MANISE 

2018.11.23 seperti biasa, saat dinihari yang mestinya   enak terlelap,  saya melanjutkan tidur di pesawat.   Dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang (Banten), transit pagi hari di  Bandara Juanda, Surabaya (Jawa Timur), mendarat saat tengah hari di Bandara Pattimura, Ambon (Maluku). Ada selisih Waktu Indonesia Tengah (WITA) di Ambon yang 2 jam lebih cepat dari Waktu Indonesia Barat (WIB).

Di bandara Pattimura  saya bertemu dengan trio koko; @hendra_yuming, @scuba_corner, dan @imanphilip yang juga peserta di trip Ambon kali ini. Ternyata mereka sepesawat dengan saya.  Pak David dari Spice Island Dive Resort sudah menunggu kami. 

Dari bandara saya menjemput ko @hendradive di DC Bluerose. Beliau adalah  senior photographer yang banyak memberi masukan dan evaluasi tentang underwater photography.  Sampai di resort, kami disambut ramah oleh @lukagolja dan team resort.

@samsukho sudah tiba di resort  sejak pagi. Siangnya menyusul datang  mbak @nonibera yang mempersiapkan sejak sebelum berangkat,  mengatur trip ini sampai  selesainya acara. Peserta terakhir, @ayoberangkat.id tiba di resort esok pagi.

Salam dari Biota Laut Imut-imut Laha, Teluk Ambon
Salam dari Biota Laut Imut-imut Laha, Teluk Ambon
UNDERWATER MACRO 
Kami disini  mengikuti acara "Underwater Macro Photo Contest" yang diadakan oleh Spice Island Dive Resort (sebelumnya bernama Maluku Divers). Sesuai judul acara, kami menyelam  untuk mengambil gambar biota laut (hewan, tumbuhan dan karang) berukuran macro atau super macro.

Karena ukuran biota macro  yang kecil, foto diambil dari  jarak dekat. Kamera di-setting menu "macro" (ditandai dengan gambar bunga). Tambahan macro wet lens dan tambahan perangkat cahaya (underwater strobe atau torchlight)  membantu untuk mendapatkan detail lebih jelas dari biota laut. Perlu konsentrasi mencari titik focus dan menjaga keseimbangan gerak  supaya hasil foto tidak blur. 

Memotret itu menyenangkan, seru, gemas, dan bikin geregetan loh.  Kalau keasyikkan bisa membuat lupa waktu dan udara hahaha. Makanya, wajib untuk tetap memeriksa udara, mengingat waktu aman dan kedalaman. Intinya,   tetap harus mengutamakan keselamatan pribadi  dan orang lain, tidak boleh egois atau emosi. 

Hal penting dan harus diperhatikan adalah tidak boleh  mengganggu habitat dan biota laut yang menjadi model foto. Apalagi ukurannya   yang kecil itu  rentan dan mudah terancam.

Salam dari Biota Laut Imut-imut Laha, Teluk Ambon
Salam dari Biota Laut Imut-imut Laha, Teluk Ambon
JADWAL PENYELAMAN
2018.11.23 petang penyelaman pertama kami untuk  check dive di Laha 2.

2018.11.24 dijadwalkan penyelaman di Laha 1, Middle Point, dan Laha 1,5. 

Kisah sedih di pagi hari, kamera saya kemasukan air padahal sebelumnya sudah di test di bak kamera. Akhirnya saya naik lagi ke boat, dan kembali ke resort. Pasrah untuk ikut penyelaman berikutnya tanpa kamera Canon G15 tersayang. 

Setelah selesai dive pertama, teman-teman kembali ke resort. Kebaikan Ko @hendradive, saya diajak ke tempat @ambonbluerose_dc.bambang untuk meminjam kamera TG4 lengkap dengan housing pinky nya. Terima kasih Ko Hendra dan Pak Bambang, saya jadi bisa tetap motret teman imut-imut macro yang ada di Teluk Ambon ini.

foto oleh @scuba_corner -Salam dari Biota Laut Imut-imut Laha, Teluk Ambon
foto oleh @scuba_corner -Salam dari Biota Laut Imut-imut Laha, Teluk Ambon
Kameranya "sakit" jadi tidak bisa ikut menyelam lagi hikss hikkss. Dive berikutnya housing diajak menyelam, diikat di BCD nyq Pak Lucky yang mendampingi group kami, hasil test-nya aman, tidak ada kebocoran, baik-baik saja. Arrrrgghhh masih tidak percaya kalau hal ini harus terjadi pada kamera tercinta yang selama ini selalu menemani setiap penyelaman. 

Night dive hanya dilakukan  para  penyelam pria karena para ladies divers malas gerak, memilih istirahat hehehe.

2018.11.25 Penyelaman pertama  di Batu Lubang,  objek macro di sini lumayan banyak, hanya  saat itu sedang berarus, motretnya jadi goyang-goyang. 

Selingan selanjutnya kami  menyelam   di wreck  Duke Of Sparta,   jarak pandang tidak bagus ditambah titik wreck yang lumayan dalam. Saat safety stop kami harus berpegangan di tali supaya tidak terbawa arus. 

Foto oleh @nonibera - Safety stop - Duke Of Sparta Wreck - Salam dari Biota Laut Imut-imut Laha, Teluk Ambon
Foto oleh @nonibera - Safety stop - Duke Of Sparta Wreck - Salam dari Biota Laut Imut-imut Laha, Teluk Ambon
Foto oleh @hendradive, Duke Of Sparta, wreck - Salam dari Biota Laut Imut-imut Laha, Teluk Ambon
Foto oleh @hendradive, Duke Of Sparta, wreck - Salam dari Biota Laut Imut-imut Laha, Teluk Ambon
Penyelaman ketiga di Rhino City juga seru karena banyak  ikan berseliweran di sekitar kami, macronya juga  banyak.  

2018.11.26  adalah hari terakhir saya dan beberapa teman yang akan pulang besok sore. Hari ini kami menyelam di Air Manis dan  2 kali menyelam di Laha.

2018.11.27 hanya @samsukho dan ko @hendradive yang masih menyelam, senangnya karena mereka   punya lebih banyak waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3