Mohon tunggu...
Imroah
Imroah Mohon Tunggu... Lainnya - Hidup dalam ketenangan

Seneng Ghibahahahaha

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Berhenti Selamanya atau Istirahat?

22 Agustus 2021   22:10 Diperbarui: 22 Agustus 2021   22:29 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa pekan lalu, saya masih ingat tepatnya pada malam satu suro ada salah seorang teman menyapa melalui pesan singkat untuk menanyakan keadaan. Karena kami jarang berkomunikasi sehingga kita berlanjut berbincang cukup panjang. Ia menanyaiku beberapa pertanyaan pribadi, beberapa petanyaan umum lainnya termasuk menanyai perihal mengapa tidak aktif menulis, padahal tulisanku termasuk salah satu yang ditunggu. Menurutnya "bahasamu ora neko-neko alias santui gak ndakik-ndakik tur enteng nak uteg", Ujarnya.

Pada saat itu saya tersentak kaget, teryata dia mengikuti tulisan-tulisan yang saya buat. Meskipun tidak pernah dipulish pada media mainstrem tapi ternyata dia mengikuti. Saya hanya bilang "oh, ngerti tulisanku to ?" lalu dia melanjutkan pertanyaannya " ya ngertilah, kon tau nulis nak caknun.com barang to ?" lantas saya hanya membalas emot senyum. Dia semakin mengorek-ngorek dengan pertanyaannya dan saya tetap menjawab dengan mbuletisasi.

Baiklah, mungkin disini adalah media yang tepat untuk menjawab pertanyaan salah seorang kawan saya.

Saya kira perihal tulisan; tulis-menulis, saya sangat harus banyak belajar pun hati saya selalu bergejolak dan selalu mengakui kekurangan ketika menyampaikan sesuatu. Saya malu dengan apa yang saya tulis dan utarakan. banyak orang belum mengenal saya namun melihat saya dari apa yang saya tuliskan. Itu sah-sah saja sebenarnya. Namun yang harus diketahui semua apa yang saya utarakan hanyalah omong kosong dan topeng-topeng; baik berupa tulisan, perkataan, ungkapan. Kecuali pada situasi tertentu. Untuk itu saya putuskan untuk tidak mempublish apapun, entah dalam jangka berapa waktu, atau mungkin selamanya.

Putusan itu adalah imbas dari perkataan salah seorang teman, ia mengatakan "aku tidak sebaik kamu dalam mengenakan topeng-topeng." Lalu kusambut dengan pertanyaan "topeng maksutmu ?". Lantas ia menjawab "kamu bisa besikap A kepada B, bisa bersikap B kepada C, bisa bersikap C kepada D". Lantas saya masih bingung dengan perkataannya dan mengejar untuk mendapatkan jawaban yang lebih spesifik. Lantas ia menjelaskan bahwa sikap saya kepada A bisa sangat berbeda terhadap sikap saya kepada B. Lalu saya mulai mengerti maksutnya. Saya menjawab "karena saya dibesarkan di beberapa organisasi berbeda kultur dan budayanya, maka saya harus belajar kepada siapa saja yang ada dihadapan saya; dengan siapa saya berbicara dan mengungkapkan pendapat".

Saya pernah menceritakan kepadanya beberapa pengalaman temasuk ketika SMP, SMA, Perguruan Tinggi, hingga detik ini beberapa organisasi dengan kultur dan wajah berbeda pernah saya jelajahi. Dari yang mempercayai suara adalah aurat hingga yang menyakini shalat cukup dilakukan dalam hati. Saya berbicara lantang kepada teman tersebut, bahwa apa yang dikatakan adalah benar. Saya selama ini hanya bertopeng dan selalu bertopeng. Bukan tentang tidak percaya diri; karena literatur yang saya baca orang tidak menjadi diri sendiri termasuk orang yang hilang kepercayaan diri dan dengan menduplicate karakter orang lain mereka merasa aman. Namun tidak bagi saya, saya hanya berusaha mengimbangi orang yang ada dihadapan saya. Karena prinsip saya adalah mengosongan wadah dihadapan orang lain adalah bekal belajar dan menyombongi orang sombong adalah bentuk perlawanan. Lantas saya melanjutkan "tidak ada yang asli pun termasuk kepadamu. Bisa menjadi diri sendiri, ketika saya sendiri".

Teman saya mengungkapkan kegelisahannya terhadap perkataan tersebut "lah terus piye aku percoyo omonganmu lek kabeh topeng ?" lantas aku menjawab "saringen sing apik, guwaken sing elek". Lantas ia berucap sekali lagi argumennya " makane iku, aku gak iso sebaik awakmu bertopeng".

Pada saat itu saya tertegun dengan ucapannya. Di dalam konsep yang saya pahami bertopeng adalah konotasi munafik dan itu cukup menyentil saya; membuat saya instropeksi diri hingga detik ini dan entah sampai kapan kata itu berkecamuk dan menghiasi hari-hari saya. Otak saya masih terisi penuh terhadap pertanyaan batin saya yang menanyakan "apakah saya bagian dari orang munafik ?", Ini adalah pertanyaan yang belum bisa saya jawab hingga sekarang. Padahal setau saya orang munafik adalah orang yang sangat dibenci Allah. Jika saya termasuk golongan orang munafik, maka Allah telah memalingkan wajahnya terhadap diri saya, lantas apa yang saya harus lakukan, jika itu terjadi.? Maka saya termasuk orang yang celaka.

An- Nisa ayat 145 : "sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka"

Dari perkataan dan ayat itu saya banyak merenung dengan diri saya sendiri. Sebatas yang saya tahu ciri orang munafik adalah jika dipercaya berdusta, Khianat, Ingkar janji, malas beribadah, bersumpah palsu, fujur dalam pertikaian dan riya' Maka mohon maaf kiranya jika saya perlu masukan untuk memutuskan; dalam hal ini akan kembali menulis atau tidak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun