Mohon tunggu...
Imroah
Imroah Mohon Tunggu... Hidup dalam ketenangan

Seneng Ghibahahahaha

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Tips Menjemput Lailatul Qadar

5 Mei 2021   18:34 Diperbarui: 5 Mei 2021   18:38 481 12 0 Mohon Tunggu...

Hampir semua muslim berbondong-bondong untuk menjemput lailatul qadar. Apa itu lailatul qadar ? Lailatul qadar adalah malam lebih baik dari seribu bulan. Hal tersebut disebutkan Allah dalam surat Al-Qadr ayat 1-5 :
"Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Quran) pada malam lailatul qadar. Tahukah kamu, apakah malam qadr itu? Malam qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Rh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar"


Lailatul qadar merupakan malam ketika wahyu pertama untuk Nabi Muhammad turun melalui malaikat Jibril, setelah melalui pengasingan di Gua Hira. Lantas, bagaimana tips menjemput malam lailatul qadar?


Baiklah, sebelum kita membahas mengenai tips alangkah baiknya kita samakan pemahaman dulu mengenai malam lailatul qadar. Maaf mungkin ini sedikit berbeda dengan pendapat banyak ulama, ini hanya pendapat pribadi. Jika salah mohon dikoreksi, karena sejatinya manusia tempat salah. Namun juga selalu ingin belajar dan ingin tumbuh pemahamnya.


Masih ingat dengan 6 rukun iman ? Iya benar. Dalam rukun iman ada iman kepada qada dan qadar. Apa itu qada dan qadar ? Qada dapat dipahami sebagai putusan Allah pada azali atau mengenai suatu hal yang akan menjadi apa kelak. Sedangkan qadar merupakan realisasi Allah atas qadha terhadap diri manusia sesuai kehendak-Nya. Misalnya, Allah akan menjadikan seseorang menjadi baik dan berpengetahuan adalah qada. Sedangkan bentuk nyata atau realisasi dari kebaikan dan pengetahuan adalah qadar.


Iman terhadap qada dan qadar berlaku terhadap kepercayaan terhadap bulan seribu bulan (lailatul qadar). Lalu apa yang ingin saya hubungkan antara qada dan qadar dengan lailatul qadar. Bukankah ini dua hal yang berbeda ? Disini ingin saya tuliskan beberapa korelasi tentang rukun iman dan lailatul qadar, pastinya untuk bisa menjemput malam lailatul qadar. Meskipun kembali lagi lailatul qadar adalah mutlak rahasia Allah, kita hanya menerka dan berusaha menjemput malam seribu bulan. Wallahua'lambissawab.


Korelasi Qada dan Qadar dengan Malam Lailatul Qadar Menuju Fitri
Seperti yang telah saya paparkan tentang qada dan qadar diatas, lailatul qadar juga merupakan bagian dari takdir Allah. Saya mengatakan demikian karena hanya Allah yang tau kapan malam lailatul qadar terjadi dan saya pun meyakini Allah telah menentukan siapa-siapa yang mendapatkan qadar-Nya. Meskipun banyak hadist meriwayatkan kapan malam qadar diturunkan. Namun tidak ada salahnya ikhtiyar. Siapa tahu Allah dengan belas-kasihnya memberikan malam qadar karena kesungguhan kita mencintai-Nya. Hadits tentang malam lailatul qadar yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berikut ini:

Artinya: "Carilah Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan, pada malam yang ke sembilan tersisa, malam yang ke tujuh tersisa, malam yang ke lima tersisa" (HR. Bukhari)


Banyak ulama yang menjelaskan jika awal ramadhan jatuh pada malam ganjil di 10 hari terakhir bulan ramadhan, ada juga yang menyebutkan dengan lebih spesifik yakni jika hari A maka lailatul qadar akan terjadi pada malam B, jika awal ramadhan jatuh pada hari C maka lailatul qadar akan terjadi pada malam D, dsb. Kita sebagai awam, tidak ada salahnya mencari lailatul qadar dengan jalan tawadlu' kepada beberapa pendapat, selagi dalam fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan).


Bagi saya malam "lailatul qadar" adalah bagian dari dialegtika Allah kepada hambanya. Ibarat orang tua yang memberikan reward kepada anak yang mendapat nilai bagus dalam ujian sekolah selama satu tahun. Maka anak akan diberikan hadiah berupa hal yang disukainya. Lailatul qadar diberikan Allah kepada hambanya berupa kebaikan seribu bulan dengan keutamaan-keutamaannya. Kemudian, Allah memuncaki dengan idhul Fitri atau fitrah. Setelah lulus dengan mendapatkan keutamaan malam lailatul qadar maka seseorang akan menjadi fitri.


Tips Menjemput Malam Lailatul Qadar
Jika anda menyetujui pendapat saya tentang lailatul qadar sebagai reward Allah, maka tips menjemput malam lailatul qadar adalah sebagai berikut :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN