Mohon tunggu...
Reiner Valerio
Reiner Valerio Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sedang menjadi mahasiswa Hubungan Internasional

Memiliki banyak hobi

Selanjutnya

Tutup

Diary

Perjalananku di Geladi Hominisasi

2 Oktober 2022   14:12 Diperbarui: 2 Oktober 2022   14:23 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebelum memulai acara geladi Hominisasi ini, saya harus memulai perjalanan ini dengan melakukan tugas pra-geladi terlebih dahulu. Tugas pra-geladi ini terdiri dari beberapa pertanyaan, salah satunya mengajak saya untuk menonton sebuah film dokumenter. Dalam film dokumenter yang saya pilih berjudul KISARASA, diceritakan bagaimana Chef Juna berkeliling di daerah tempat lahirnya dan menelurusi berbagai sejarah dan tradisi yang membentuk suatu makanan khas.  Tak lama setelah mengerjakan tugas pra-geladi ini, barulah saya memulai acara utama dalam geladi Hominisasi. Dalam acara utama ini, saya dijelaskan terkait beberapa materi terlebih dahulu sebelum pada akhirnya dipecah dalam beberapa kelompok untuk melakukan presentasi.

Menurut saya, ini adalah puncak acara geladi Hominisasi dan juga momen dimana saya mendapatkan sebuah nilai penting. Dalam mata acara ini, saya merasa apabila tidak keluar dari zona nyaman yang kita miliki, kita mungkin tidak mengambil kesempatan yang sebenarnya kita bisa ambil. Dalam hal ini, apabila saya hanya diam-diam saja dan tidak memulai diskusi bersama teman sekelompok, mungkin kelompok saya tidak akan menjadi kelompok pemenang presentasi dalam geladi kali ini. Melalui materi dan presentasi kelompok yang telah dilakukan, saya merasa penggunaan logika dan bahasa sebagai warga negara merupakan sebuah hal yang penting. Hal ini dikarenakan apabila kita tidak menggunakan bahasa yang baik dan benar, orang lawan bicara kita mungkin tidak akan menangkap poin yang ingin kita sampaikan. Selain itu, apabila kita tidak menggunakan logika, kita bisa saja menyinggung lawan bicara kita dan mendapatkan hal yang kita tidak inginkan. Melalui geladi ini, saya juga merasa bahwa apabila saya tidak keluar dari zona nyaman, akan ada banyak hal-hal yang bisa saja tidak saya dapatkan ataupun kesempatan yang seharusnya saya bisa dapatkan. Saya juga merasa bahwa saya harus tetap terbuka terhadap berbagai informasi baru, sebab kita tidak tahu apakah informasi tersebut akan berguna untuk kita nantinya atau tidak. Namun, hal ini tidak menutup untuk kita tetap menyaring informasi yang berguna.

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun