Mohon tunggu...
Rebecca Simamora
Rebecca Simamora Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Karakteristik Berdasarkan Pasar Monopolistik dan Pasar Oligopoli

30 November 2022   22:23 Diperbarui: 30 November 2022   22:44 238
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Rebecca Angelita Simamora// Fakultas Ekonomi dan Bisnis// Universitas Palangkaraya

Berbicara mengenai pasar, kita tentu telah mengetahui apa itu pasar. Biasanya, pada pasar kita tak jarang membeli kebutuhan yg kita perlukan contohnya, bahan makanan. Untuk detail definisi Pasar merupakan suatu loka dimana bertemunya para penjual & pembeli yg saling berinteraksi & terjadi tawar menawar sebagai akibatnya munculah suatu konvensi menggunakan harga barang tersebut. Pada analisa ekonomi pasar dibedakan sebagai 2 yaitu pasar persaingan paripurna & pasar persaingan nir paripurna (yg mencakup monopoli, oligopoli & monopolistik).

Pengertian Pasar Monopolistik

Teori pasar monopolistik dikembangkan lantaran ketidakpuasan terhadap analisis pasar persaingan paripurna juga pasar monopoli. Sebenarnya pasar persaingan monopolistik ini memiliki poly persamaan menggunakan pasar persaingan paripurna, namun pula memiliki relatif disparitas yg menciptakan perusahaan pada pasar memiliki unsur kekuasaan monopoli. Hal itulah yg mengakibatkan adanya pasar persaingan monopolistik.

Maka, pasar persaingan monopolistik bisa didefinisikan menjadi suatu pasar dimana masih ada poly pembuat yg membentuk barang yg tidak sama corak atau karakteristik (differential product). & sanggup diklaim menjadi pasar yg poly penjualnya, yg memberikan satu jenis barang menggunakan segi kualitas, bentuk, & berukuran yg tidak sama-beda.

A. Ciri - Ciri Pasar Monopolistik

1. Terdapat poly penjual
Dalam pasar persaingan monopolistik, masih ada relatif poly penjual. Akan namun, nir sebesar misalnya yg masih ada dalam pasar persaingan paripurna. apabila pada suatu pasar poly penjualnya otomatis masih ada pasar monopolistis. Dengan istilah lain, penjual pada pasar persaingan monopolistik memiliki berukuran yg nisbi sedikit dibanding menggunakan semua produksi pada pada pasar tersebut.

2. Barangnya bersifat tidak sama corak
Sifat ini adalah sifat yg sangat krusial buat bisa membedakan antara pasar persaingan monopolistik & mana pasar persaingan paripurna. Produksi pada pasar persaingan monopolistik ini tidak sama coraknya & secara fisik gampang dibedakan antara produksi suatu perusahaan menggunakan perusahaan lain. Akibat berdasarkan aneka macam macam disparitas ini, barang yg diproduksi sang perusahaan pasar monopolistik ini nir bersifat barang pengganti paripurna akan namun bersifat barang pengganti yg dekat.

3. Perusahaan memiliki sedikit kekuasaan mensugesti harga
Pasar ini hanya menerima sedikit kekuasaan pada mensugesti harga suatu barang produksi pada bandingkan menggunakan perusahaan oligopoli & monopoli. Pasar monopolistik menerima sedikit kekuasaan pada mensugesti harga ditimbulkan sang barang yg didapatkan bersifat tidak sama corak.

4. penghasil lain gampang memasuki pasar
penghasil perusahaan yg akan masuk & menjalankan bisnis nir poly menerima kendala misalnya pada pasar oligopoli & monopoli, namun nir semudah dalam pasar persaingan paripurna. Lantaran diperlukannya kapital yg nisbi akbar & barang yg didapatkan tidak sama coraknya menggunakan yg terdapat pada pasaran.

5. Persaingan kenaikan pangkat penjualan sangat aktif (bukan harga)
Untuk mensugesti cita rasa pembeli, para pengusaha melakukan persaingan bukan harga. Persaingan misalnya ini merupakan pada rangka memperbaiki mutu & desain barang, melakukan iklan yg terus menerus menaruh kondisi penjualan yg menarik.

B. Keseimbangan dalam pasar monopolistik

1. Ekuilibrium Jangka Pendek
Dalam pasar persaingan monopolistik, ekuilibrium yang dicapai oleh perusahaan sama dengan pasar monopoli. Perbedaannya adalah bahwa dalam pasar monopoli, permintaan berasal dari seluruh pasar, sedangkan dalam pasar persaingan monopolistik, permintaan merupakan bagian dari keseluruhan pasar.

2. Ekuilibrium Jangka Panjang
Seperti halnya perusahaan yang beroperasi di pasar persaingan sempurna, setiap perusahaan dalam persaingan monopolistik hanya menghasilkan laba normal dalam jangka panjang.

C. Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli

Keuntungan:

1. Banyaknya produsen memberikan keuntungan bagi konsumen dalam memilih produk terbaik.
2. Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif tentang produk mana yang akan dibeli.
3. Konsumen relatif mudah menemukan pasar karena kebutuhan sehari-hari tersedia.

Kurangnya:

1. Ada persaingan sengit di pasar monopoli. 2. Akses pasar membutuhkan modal yang cukup besar.
3. Mari dorong produsen untuk selalu berinovasi.

Pengertian pasar oligopolistik

Oligopoli berasal dari kata Yunani “0ligo polein” yang artinya banyak penjual. Apa yang dimaksud beberapa penjual ini dikendalikan oleh banyak perusahaan. Dalam hal ini, karena hanya ada sedikit penjual di pasar oligopolistik, operasi masing-masing perusahaan sangat dipengaruhi oleh perusahaan lain dalam industri yang sama. Dalam pasar oligopoli, perusahaan menjadi bagian dari pasar yang terikat pada permintaan pasar, dengan keuntungan yang mereka hasilkan bergantung pada pesaing mereka.

A. Karakter pasar oligopolistik
1. "oli" berarti penjual. Ini berarti ada banyak penjual dan banyak pembeli di pasar.
2. Masuk pasar sulit bagi pemasok baru.
3. Periklanan sangat penting.
4. Antar perusahaan sangat berpengaruh.
5. Jangka panjang tidak fleksibel. 6. Pembuat harga.

B. Ciri-ciri pasar oligopolistik
1. Menghasilkan barang dengan gaya yang berbeda
Di pasar oligopoli ada perusahaan yang memproduksi berbagai jenis barang, barang dengan gaya berbeda berarti produk akhir. Misalnya industri mobil, truk, laundry dan sabun mandi.
2. Kekuatan yang menentukan harga
Tanpa kerja tim, kekuatan untuk menilai peluang yang lemah atau kuat menjadi lebih terbatas. Misalnya, jika perusahaan Rebecca menurunkan harga, pembeli dari perusahaan Zoe akan secara otomatis beralih ke perusahaan Rebecca dalam waktu singkat. Dan pastinya bisnis Zoe akan kehilangan pembeli. Tetapi jika mereka bekerja sama untuk menetapkan harga, maka harga dapat stabil pada tingkat yang diinginkan.
3. Apakah Anda memerlukan iklan dengan iklan?
Periklanan sangat diperlukan dalam pasar oligopoli karena barang yang mereka hasilkan beraneka ragam. Tujuan dari promosi ini adalah untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

C. Keuntungan dan kerugian dari pasar oligopolistik
Keuntungan:

1. Pembeli memiliki kebebasan
Pembeli diberikan kebebasan untuk memilih produk yang mereka butuhkan tanpa penawaran yang agresif dan pembeli memutuskan untuk membeli produk dari perusahaan yang mereka inginkan.
2. Lebih memperhatikan kepuasan pelanggan Kepuasan pembeli memiliki pengaruh yang besar karena jika pembeli tidak puas dengan produk atau jasa yang ada di pasar, maka dapat mempengaruhi pembeli lainnya juga. Itu sebabnya banyak perusahaan yang baik dengan pembeli. 

3. Ini adalah penerapan teknologi baru 

Adanya teknologi baru dapat memudahkan perusahaan untuk mengembangkan produknya dengan lebih menarik.

Kurangnya:

1. Ada perbedaan pendapatan
Pasar oligopoli sering menunjukkan distribusi pendapatan yang tidak seimbang, dimana perusahaan yang sudah lama berdiri dan memiliki banyak peminat cenderung lebih laris dibandingkan perusahaan baru. Di sinilah distribusi pendapatan diferensial berperan. 2. Harga yang terlalu tinggi menyebabkan inflasi
3. Sulitnya penetrasi perusahaan baru
4. Dapat berkembang menjadi monopoli
Itu bisa menjadi monopoli jika tidak ada yang bisa bersaing dengan pemimpin pasar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun