Mohon tunggu...
Rey_kaffa
Rey_kaffa Mohon Tunggu... Penulis Artikel, Berita & Cerita Novel

Jika kalian mengenalku sebagai penulis, Panggil Aku Rey_Kaffa. Thanks

Selanjutnya

Tutup

Digital

Mereka Menyebutnya Mbah Google, "Mesin Pencarian yang Berasal dari Otak Manusia"

19 September 2020   10:34 Diperbarui: 19 September 2020   10:38 29 1 1 Mohon Tunggu...

19 September 2020

Selamat pagi rakyat Indonesia, 

Tak di pungkiri,  memasuki tahun 2000-an teknologi sudah memasuki masanya, dan sekarang sudah 20 tahun berlalu.  Teknologi tetap menjadi prioritas hebat untuk terus dimajukan.  Terutama ponsel atau gadget yang sebenarnya merupakan telpon genggam pada masanya.  

Ponsel yang sekarang lebih dikenal sebagai smartphone  ( telpon pintar ),  mampu menjadi daya tarik para penggunanya. Tak terkecuali Indonesia.  

Indonesia yang masuk dalam top 5 negara dengan penduduk terbanyak,  merupakan mangsa pasar utama untuk penjualan smartphone.  Bahkan,  kemudahan dan fitur canggih pun sudah tertanam di smartphone.  Dari mulai games,  media sosial,  mesin pencarian.  Namun,  ada yang selalu hadir di setiap smartphone. Yakni,  google.  

Google adalah mesin pencarian yang sejak kemunculannya sudah menjadi trending dan pembicaraan orang banyak.  Bayangkan,  apa yang kalian ingin tahu,  google dapat memberikan informasi itu.  Kalian hanya perlu mengetik klu apa yang kalian cari.  Sebagai contoh,  kalian ingin mencari cara memasak rendang dengan baik.  Kalian hanya perlu mengetik " Cara memasak rendang ", Google akan otomatis menemukan bebarapa artikel atau muatan yang berkaitan dengan " Cara memasak rendang ".  Hebat bukan.  

Di Indonesia sendiri,  Google banyak di sebut sebagai Mbah Google. " Mbah " Dalam kehidupan sehari-hari orang Indonesia banyak diartikan sebagai sebutan bagi orang yang lebih tua atau yang memiliki kemampuan atau pengetahuan yang luas.  Tidak hayalan,  sebutan Mbah dukun,  Mbah sesepuh dan sebutan Mbah lainnya.  

Dimasa yang semakin canggih,  tidak dipungkiri bahwa hampir lebih dari 50% masyarakat Indonesia,  memiliki smartphone di genggamannya.  Bahkan,  anak kecil atau balita saja sudah disuguhkan smartphone oleh orang tuanya.  Pelajar SD sampai Perguruan tinggi pun sudah memiliki alat canggih di genggamannya,  seperti smartphone ini. 

Namun,  apa ini efektif?

Jelas,  smartphone juga sangat efektif dan menjadi pertanda seseorang itu kaya atau hanya berasal dari keluarga yang biasa biasa saja.  Hal ini dikarenakan smartphone dengan berbagai tipe,  memiliki harganya masing masing.  

Namun,  apa dampak dari smartphone dengan adanya google yang disebut sebagai Mbah Google di Indonesia.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN