Mohon tunggu...
RD Putri
RD Putri Mohon Tunggu... A learner.

I think therefore I write.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Chadwick Boseman, Aktor Black Panther, Meninggal karena Kanker Usus. Kenali Gejala dan Pencegahannya

29 Agustus 2020   17:43 Diperbarui: 29 Agustus 2020   19:30 221 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Chadwick Boseman, Aktor Black Panther, Meninggal karena Kanker Usus. Kenali Gejala dan Pencegahannya
Potret Chadwick Boseman di laman media sosialnya. (sumber: https://www.instagram.com/chadwickboseman/ )

Industri perfilman Hollywood berduka. Pada tanggal 28 Agustus 2020, Chadwick Boseman yang berperan sebagai Black Panther meninggal dunia di usianya yang ke-43 tahun.

Melalui akun media sosial Instagram @chadwickboseman anggota keluarga menjelaskan bahwa sang Aktor telah berperang dengan penyakit kanker usus selama 4 tahun.

Sebelumnya, Chadwick tidak pernah secara terang-terangan berbicara perihal penyakit yang dialaminya. Selama menjalani perawatan kemoterapi dan beberapa operasi, dia menyelasaikan beberapa pembuatan film, termasuk Marshall, Da 5 Bloods, Ma Rainey's Black Bottom dan lainnya.

Sang Aktor didiagnosa dengan kanker usus stadium III pada tahun 2016 yang akhirnya berkembang ke stadium IV sebelum tahun 2020.

Dilansir dari coloncancercoalition.org, sebuah organisansi untuk meningkatkan kesadaran seputar kanker kolon, bahwa kanker kolon telah menjadi penyebab kedua kematian terbesar akibat kanker di Amerika Serikat yang tiap tahunnya telah merenggut lebih dari 53.500 nyawa.

Kanker kolon yang biasa disebut dengan kanker kolorektal, yaitu  isitilah untuk menggabungkan kanker usus besar (kolon) dan/atau kanker rektal, yang terjadi di rectum. Kanker ini biasanya menyerang orang dewasa, walaupun bisa terjadi pada semua usia. Dimulai dari sebuah gumpalan sel kecil non-kanker yang disebut polip di dalam usus besar. Seiring waktu, polip-polip ini dapat menyebabkan kanker usus.

Namun, kanker kolon dapat dicegah dengan pemeriksaan yang tepat pada tahap awal kanker, 90 persen pasien penderita kanker kolon dapat bertahan.

Oleh karena itu, kesadaran akan tanda dan gejala kanker kolon perlu ditingkatkan sehingga penderita kanker dapat sembuh dengan  menjalani pengobatan lebih awal.

Apa saja gejala kanker kolorektal?

  • Nyeri perut.
  • Perubahaan kebiasaan buang air besar seperti diare dan sembelit yang terjadi lebih dari beberapa hari.
  • Pendarahan rektal yang menyebabkan anemia.
  • Buang air besar berdarah dan berwarna gelap.
  • Sering merasa lelah.
  • Penurun berat badan yang drastis.

Gejala yang biasa disebabkan oleh kanker kolorektal juga dapat dirasakan oleh penyakit yang bukan kanker, seperti infeksi usus, wasir, atau penyakit radang usus. Meskipun begitu, jika salah satu gejala terjadi tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x