Mohon tunggu...
R. Syrn
R. Syrn Mohon Tunggu... Lainnya - pesepeda. pembaca buku

tentang hidup, aku, kamu dan semesta

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Kenapa Sepeda Lipat?

7 Februari 2024   20:53 Diperbarui: 7 Februari 2024   21:03 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Takka. (Dokumen Pribadi)

Dari sekian jenis sepeda, yang paling unik rasanya adalah yang bisa dilipat, karena itulah kenapa disebut sepeda lipat alias folding bike atau kadang disingkat dengan nama seli. Konon dulu sepeda lipat diciptakan pada tahun 1890-an untuk memudahkan tentara angkaran darat Pranis patroli pada saat Perang Dunia kedua.  

Sampai akhirnya sepeda jenis ini dibuat dalam beberapa ukuran (roda).  Yang paling umum ditemukan sekarang adalah seli dengan ukuran roda 16 dan 20 inchi.   Bandingkan saja dengan diameter roda sepeda yang umumnya di atas 26 inchi.

Uniknya lagi rasio gear sepeda ini tak seperti sepeda kebanyakan, yaitu dengan ukuran crank yang relatif besar, dan ternyata itu efektif untuk mengimbangi ukuran roda alias bannya yang diameternya relatif kecil. 

Walaupun ukuran sepedanya imut, tapi benar-benar cabe rawit.  Selain kelebihannya yang portabel, karena sudahlah kecil, semakin kercil pula saat dalam keadaan terlipat.  

Seli benar-benar sepeda yang bisa diandalkan dalam segala medan.  Mau di jalan datar nyaman, diajak menari di tanjakan pun aman, yang terpenting adalah sepeda diseting senyaman mungkin,menyesuaikan dengan badan pengendaranya.

Saya sendiri pernah melibas beberapa tanjakan yang cukup paten di Jogja dengan sepeda lipat.  Sedari tanjakan menuju Pakem dan Kaliurang, sampai menerabas daerah Kulon Progo melewati Gua Kiskendo yang terkenal dengan tanjakannya yang buas.  

Sampai pernah diajak jalan seharian semalaman dari Jogja sampai finish di Tawangmangu, melewati beberapa tanjakan yang tak masuk akal sampai kondisi jalan yang cukup rusak.

Urbano. (Dokumen Pribadi)
Urbano. (Dokumen Pribadi)

Nyatanya diajak gowes puluhan hingga ratusan kilometer, tak kalah nyaman dengan sepeda jenis lainnya.  Bahkan beberapakali event bersepeda tahunan bernama Bentang Jawa yang jaraknya kurang lebih 1.500 kilometer, diikuti oleh peserta yang menggunakan sepeda lipat dari start di Carita menuju finish di Banyuwangi.

Yang paling beruntung tentu saja kawan-kawan yang biasa bekerja commuter  di wilayah yang ada keretanya.   Sepeda lipat ini mudah sekali ditenteng dan masuk kereta.  Harusnya memudahkan saat bekerja menggunakan seli dan disambung pakai kereta.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun