Mohon tunggu...
Rudi I
Rudi I Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sedang belajar sastra Inggris 🇬🇧
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selamat datang di blog yang membahas tentang kebarat-baratan

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Pengenalan Singkat tentang Sastra Inggris!

27 Juli 2021   09:23 Diperbarui: 27 Juli 2021   10:06 97 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengenalan Singkat tentang Sastra Inggris!
Bendera Inggris, Sumber Gambar: shutterstock.com/alexandraking

Sastra Inggris adalah kumpulan karya sastra yang ditulis dalam bahasa Inggris oleh orang-orang Kepulauan Inggris (termasuk Irlandia) dari era Kekristenan hingga saat ini. Sastra Inggris terdiri dari tiga jenis karya sastra, yaitu prosa, puisi, dan drama. 

Ketiga jenis karya sastra tersebut muncul setelah abad pertengahan kesusastraan Inggris. 

Seiring berjalan peradaban setiap karya sastra yang ditulis dipengaruhi oleh eranya masing-masing. Ada delapan periodisasi kesusastraan Inggris, yaitu Kesusastraan Inggris Kuno, Kesusastraan Inggris Pertengahan, Periode Renesan atau Elizabeth, Era Restorasi, Abad Ke-18 atau Periode Augustan, Romantisme, Periode Victoria, dan Abad Ke-20.

Prosa adalah seperangkat karya sastra yang mengacu pada tulisan yang terstruktur secara tata bahasa, baik dengan kata dan frasa yang dapat membangun kalimat dan paragraf. Prosa ditulis dalam bahasa bentuk ekspresi yang mengalir dalam pola alami ucapan sehari-hari. Prosa juga dapat disebut gambaran kehidupan dalam bentuk tulisan. 

Puisi adalah karya sastra yang membangkitkan kesadaran imajinatif yang terkonsentrasi akan pengalaman atau respons emosional tertentu melalui bahasa yang dipilih dan disusun berdasarkan makna, bunyi, dan ritmenya. Sedangkan drama adalah mode representasi karya sastra melalui dialog dan pertunjukan.

Setiap eranya ketiga jenis karya sastra Inggris memiliki karakteristik tersendiri. Selain dipengaruhi oleh faktor lingkungan, karya sastra juga dapat dipengaruhi oleh pengalaman si penulis. 

Tak ayal jika sebuah karya sastra menjadi unik dan berbeda-beda. Sebenarnya ilmu dalam sastra Inggris sama halnya dengan sastra-sastra lain, seperti sastra Perancis, Rusia, Jerman, dkk, yang membedakan adalah tempat berasal dan berkembangnya. 

Namun,sastra Inggris lebih populer di dunia. Hal ini dikarenakan, karya sastra Inggris menggunakan bahasa internasional bahasa Inggris. Selain itu, banyak karya sastra Inggris yang diangkat ke layar lebar, seperti film Great Expectations, David Copperfield, dan Oliver Twist yang diangkat dari novel-novel karya Charles Dickens.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN