Mohon tunggu...
Dwi Mariyono
Dwi Mariyono Mohon Tunggu... Dosen - Doctor at the Faculty of Islamic Religion, Malang Islamic University

Doctor at the Faculty of Islamic Religion, Malang Islamic University. This position has been trusted as Head of the Human Resources Division since June 2023

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Tips Singkat, Rumah Aman Saat Mudik

3 April 2024   12:13 Diperbarui: 3 April 2024   12:28 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Tips Singkat, Meninggalkan Rumah Aman Saat Mudik

Mudik merupakan tradisi yang telah tertanam dalam budaya banyak masyarakat di Indonesia. Namun, meninggalkan rumah dalam waktu yang lama saat mudik juga meninggalkan potensi risiko keamanan. Agar Anda dapat pergi dengan pikiran yang tenteram, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga rumah tetap aman saat Anda sedang mudik:

1. Tanyakan kepada Tetangga atau Keluarga

Sebelum Anda pergi, bicarakan rencana perjalanan Anda dengan tetangga atau keluarga terdekat. Beritahu mereka kapan Anda akan pergi dan kembali, serta minta mereka untuk menjaga dan memantau rumah Anda selama Anda pergi. Kehadiran mereka dapat menjadi penghalang bagi pelaku kejahatan yang berpotensi.

2. Pasang Sistem Keamanan

Memasang sistem keamanan seperti kamera CCTV atau alarm rumah dapat memberikan perlindungan tambahan untuk rumah Anda. Sistem-sistem ini dapat memantau aktivitas di sekitar rumah dan memberi peringatan jika terjadi kegiatan yang mencurigakan.


3. Jangan Tinggalkan Tanda-tanda Kehidupan yang Kosong

Jika Anda akan pergi untuk waktu yang lama, pastikan untuk tidak meninggalkan tanda-tanda bahwa rumah Anda kosong. Misalnya, minta seseorang untuk mengambil surat Anda secara teratur, atau pasang timer pada lampu atau televisi untuk membuat kesan bahwa ada orang di rumah.

4. Pastikan Semua Pintu dan Jendela Terkunci dengan Rapat

Sebelum Anda pergi, pastikan bahwa semua pintu dan jendela rumah Anda terkunci dengan rapat. Ini adalah langkah sederhana tetapi efektif untuk mencegah akses masuk tanpa izin ke rumah Anda.

5. Hindari Berbagi Info di Media Sosial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun