Mohon tunggu...
Ray Mond
Ray Mond Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Trisakti School of Management

Mahasiswa TSM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Leadership Vision

1 Desember 2021   22:20 Diperbarui: 1 Desember 2021   22:43 43 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jadi definisi atau pengertian dari Visi adalah masa depan ideal yang menarik yang kredibel namun tidak mudah dicapai.  Jadi disini lebih kearah dimana adanya pandangan ambisius tentang masa depan yang dapat dipercaya oleh semua orang yang terlibat, kemudian juga yang dapat dicapai secara realistis, namun menawarkan hal seperti masa depan yang lebih baik dalam hal-hal tertentu dan penting  daripada apa yang ada sekarang saat ini.

Selain itu Visi yang kuat dan menginspirasi ini sendiri telah dikaitkan dengan organisasi yang tingkatannya lebih tinggi mengenai kinerja nasional dan motivasi serta kepuasan yang didapatkan karyawannya  yang lebih besar.  

Terdapat contoh missal setelah krisis keuangan, para pemimpin di perusahaan Standard Chartered Bank, yang telah menjadi target pengambilalihan reguler selama beberapa tahun, mereka mengeluarkan pernyataan visi singkat, yang dimana Visi itu berbunyi "Di sini untuk kebaikan", Hal ini atau Visi ini  mencerminkan aspirasi ganda: yaitu tinggal di sekitar untuk jangka panjang, dan mampu berbuat baik selama di dunia. 

Jadi Visi itu sendiri dapat dikatakan membangkitkan imajinasi orang serta memperbaharui rasa bangga mereka terhadap sesuatu yang ingin mereka capai. 

Contoh lain dari jenis visi yang singkat, menarik, dan seperti slogan yang berbunyi sepert ini termasuk "A Coca-Cola dalam jangkauan lengan semua orang di planet ini", "Beat Xerox" dari Canon, dan "Encircle Caterpillar" dari Komatsu. 

Jadi dapat dikatakan Visi ini dapat dengan mudah dikomunikasikan dan dipahami oleh semua orang atau banyak orang  dalam organisasi serta berfungsi untuk memotivasi semua karyawan yang ada diorganisasi.

Selain itu tidak semua organisasi yang sukses memiliki atau mempunyai  slogan-slogan yang pendek dan mudah dikomunikasikan kebanyak orang , tetapi visi yang mereka miliki itu sangat kuat karena para pemimpin dari organisasi itu memberikan gambaran yang meyakinkan tentang ke mana tujuan organisasi itu. 

Terdapat contoh disini yang dimana visi yang diungkapkan oleh pemimpin hak-hak sipil Martin Luther King, Jr., dalam pidatonya yang berbunyi ''I Have a Dream'' itu merupakan contoh yang baik tentang bagaimana para pemimpin melukiskan visi yang mereka miliki  dengan kata-kata. 

King mengartikulasikan visi harmoni rasial, yang bertujuan di mana diskriminasi tidak ada, serta dia menyampaikan keyakinan dan keyakinan bahwa visinya suatu hari nanti akan tercapai. 

Jadi disini dapat dikatakan keberanian dan keyakinan adalah merupakan bagian dari karakteristik pemimpin visioner yang sukses. Visi bukanlah sihir; tetapi itu bergantung pada keterampilan dan kualitas yang dapat dikembangkan oleh para pemimpin itu sendiri

Kemudian pemimpin di organisasi nirlaba juga mampu menciptakan visi sehingga orang tahu ke mana tujuan organisasi atau arah dari organisasinya mau kemana. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan