Raudhatul Jannah

Mahasiswi semester 5

Life Experience and Inspiration

26 Januari 2024   15:35 Diperbarui: 26 Januari 2024   15:37 98
Yogyakarta Internasional Airport ( YIA )

Yogyakarta, 9 Januari 2023 - Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Pendidikan Bahasa, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ( UMY ) Berhasil memberangkatkan mahasiswa-mahasiswi PBA angkatan 2020 ke Singapura dan Malaysia untuk melakukan kegiatan  Kuliah Kerja Lapangan (KKL) selama 5 hari. KKL Internasional  merupakan kegiatan wajib dan salah satu syarat kelulusan  prodi PBA, tidak hanya itu melalui KKL kami mendapat kesempatan emas untuk memperluas jaringan profesional. Jaringan ini tidak hanya sebagai aset sosial, tetapi juga investasi membangun karir di masa depan.

Hari Pertama :

Berangkat dari Yogyakarta - Singapore, kami berangkat dari kampus ke bandara pukul 3.30 dini hari dan mengambil penerbangan pesawat pukul 7.40 kemudian sampai di singapore pukul 10.45. Setibanya disana kami diajak oleh pihak travel berkeliling sekaligus bercerita sedikit sejarah beberapa tempat ternama seperti ; Jewel Changi Airport, Garden By The Bay, Merlion Park, dan Universal Studio dan tempat terakhir adalah pusat perbelanjaan oleh-oleh. setelah itu kami siap-siap untuk lanjut ke kota selanjutnya yaitu Malaysia.

Hari Kedua :

Universiti Sains Islam Malaysia ( USIM ) adalah kunjungan pertama kami di Malaysia. kegiatan disini sama seperti studi banding kampus -kampus lainnya. setelah selesai kegiatan di kampus kami mengunjungi Pusat Pemerintahan dan masjid Putra Jaya,  dan   Petronas Twin Towers, kemudian briefing kegiatan esok hari dan pulang ke hotel untuk beristirahat.

Hari Ketiga :

Universiti Teknologi MARA  ( UiTM ) Shah Alam, studi banding kedua setelah kemarin ke USIM kegiatannya pun juga sama ,disana kami menghabiskan waktu sampai siang setelah itu kami sholat dzhuhur di Masjid Sultan Salahuddin Shah Alam dan dilanjut ke Rehlah Nabawiyyah, wisata kota malam ( I-City ). I-City kalau diindonesia sama seperti Dufan jadi banyak dari mahasiswi mahasiswa bahkan dosen pendamping kami juga ikut bermain bombom car, biang lala dan wahana-wahana lainnya.

Hari Keempat :

pada hari ini agenda kami yakni sharing session bersama alumni PBA UMY yang sekarang sudah sukses di negara orang. ini merupkan agenda terakhir KKL kami karena setelah ini kami sudah sibuk mencari oleh-oleh untuk dibaawa pulang ke Indonesia  salah satunya Pasar Seni.