Mohon tunggu...
Raudhatul Ilmi
Raudhatul Ilmi Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer & Script Writer

Jangan Pernah Protes pada Proses

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Menolak Lupa! Timnas Vietnam Tuai Karma di Piala Asia

10 Maret 2023   19:50 Diperbarui: 10 Maret 2023   20:10 371
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar/sportstar.id

Timnas Indonesia U-20 dan Timnas Vietnam U-20 adalah dua perwakilan dari Asia tenggara yang tampil di piala Asia U-20 yang berlangsung di uzbekistan pada tanggal 1-18 maret 2023.

Namun keduanya sama sama harus angkat koper dibabak penyisihan grup karna sama sama mengakhiri fase grup di urutan ketiga klasemen.

Indonesia berada dibawah Tuan rumah Uzbekistan dan Irak. sedangkan Vietnam berada di bawah Iran dan Australia.

Awalnya saya berfikir Indonesia harus tersingkir begitu menyakitkan karna mengumpulkan poin yang sama dengam Irak yang berada diurutan kedua namun kalah secara head to head dari Iraq

Rupanya nasib Vietnam jauh lebih malang karna The Golden Stars terlebih dahulu memetik dua kemenangan di laga awal usai mengalahkan Australia 1-0 dan Qatar 2-1.


sebenarnya dua kemenangan awal itu bisa membawa timnas Vietnam junior  untuk melenggang mulus ke babak 8 besar dengan syarat tidak mengalami kekalahan minimal dua gol di laga terakhir.

Namun vietnam justru kalah 3-1 yang membuat mereka harus kehilangan satu tiket. Karna cara menentukan kelolosan adalah dengan menghitung selisih gol yang melibatkan pertandingan ketiga tim yang memiliki poin yang sama (mini klasemen) dan mengecualikan Qatar yang menghuni posisi juru kunci.

Dengan demikian diperoleh selisih gol sebagai berikut yakni Iran +1, Australia +0 dan Vietnam -1.

Vietnam sangat kecewa dan merasa dirugikan dengan aturan tersebut. Kegagalan lolosnya vietnam adalah balasan yang setimpal dengan apa yang dilakukan timnas vietnam saat piala AFF U-19 silam. Perlu diketahui bahwa punggawa timnas u-20  saat ini dalah bagian besar dari timnas u-19 kala itu

Kala itu vietnam dan Thailand memilih untuk memainkan "sepak bola gajah" karna aturan head to head mini klasemen saat itu lebih mendukung untuk mereka lolos sehingga keputusan bermain aman membuat mereka berhasil menyingkirkan timnas Indonesia walaupun secara selisih gol keseluruhan klasemen Indonesia jauh lebih unggul.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun