Mohon tunggu...
Jimmy S Harianto
Jimmy S Harianto Mohon Tunggu... Jurnalis - Mantan Redaktur Olahraga dan Desk Internasional Kompas

Redaktur Olahraga (1987-1993), Wakil Redaktur Opini dan Surat Pembaca (1993-1995), Redaktur Desk Hukum (1995-1996), Redaktur Desk Features dan Advertorial (1996-1998), Redaktur Desk Internasional (2000-2003), Wakil Redaktur Kompas Minggu (2003-2008), Redaktur Desk Internasional (2008-2012)

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Timnas Garuda Wakil Tunggal Asia Tenggara

12 Juni 2024   06:02 Diperbarui: 12 Juni 2024   06:34 441
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen, Marselino Ferdinan mengelukan Nathan Tjoe-A-On (no 22) yang melakukan assist atas gol Rizky Ridho di menit 55 di gawang Filipina. (Sumber Foto: FIFA)

Gol dari jarak jauh Thom Haye dan sundulan kepala Rizky Ridho memastikan Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ribuan penonton di Stadion Gelora Bung Karno Senayan pun gegap gempita setelah hujan rintik sesorean mengguyur Jakarta saat Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-Yong memenangi pasukan Tom Saintfiet dari Filipina 2-0 (1-0) di pertandingan terakhir Grup F Asia Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (11.06.2024).

Kemenangan Indonesia atas Filipina ini membuat posisi tim Garuda mantap tak tergoyahkan di urutan kedua Grup F dengan nilai 10 di bawah Irak yang belum terkalahkan, dengan nilai 18. Vietnam semakin tersuruk di peringkat ketiga, setelah kekalahan lawan Irak di Basra 1-3.  Filipina juru kunci.

Drama justru terjadi di Grup C ketika China ditundukkan Korea Selatan di Seoul World Cup Stadium, Selasa malam kemaren 1-0. Sementara di Stadion Rajamangala Bangkok, Thailand yang menundukkan Singapura 3-1 meraih nilai sama dengan China, sama-sama 8 sehingga peringkat kedua ditentukan melalui selisih gol.

China lolos dari lubang jarum, menang selisih gol dari Thailand dalam klasemen akhir. Sehingga Thailand pun tersuruk ke peringkat ketiga Grup C, dan gagal menjadi tim Asia Tenggara kedua yang mendampingi Indonesia, ke babak ketiga.

Adapun delapan belas tim Asia yang dipastikan lolos dari sembilan grup penyisihan, adalah: Qatar, Kuwait, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, China, Oman, Kyrgyztan, Iran, Uzbekistan, Irak, Indonesia, Yordania, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, Australia dan Palestina.

Debut Calvin Verdonk

Laga terakhir babak kedua di penyisihan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 sungguh menyedot perhatian ribuan orang mengalir ke Gelora Bung Karno (GBK), masuk maupun tidak masuk stadion.

Bahkan menurut pengumuman di Stadion, penonton pertandingan Indonesia vs Filipina malam itu disaksikan oleh 64.942 penonton yang sebagian banyak mengenakan jersey merah, jersey Timnas walaupun di lapangan Indonesia mengenakan jersey warna putih. Fanatisme pendukung timnas ini belakangan disebut-sebut sebagai "pemain keduabelas" timnas Shin Tae-Yong...

Pertarungan di lapangan sungguh membuat penonton, tidak hanya yang di stadion akan tetapi juga jutaan lainnya di televisi, puas. Termasuk Presiden Joko Widodo dan isterinya di tribun.

Debut gemilang dilakukan Calvin Verdonk (27) di Timnas. Meski tidak membuahkan gol, akan tetapi penampilan pertama Verdonk mengesankan lantaran membuat Filipina terganggu berat. Manuver-manuver yang dilakukan bek sayap kiri timnas jebolan Feyenoord Rotterdam ini terbilang sangat agresif, dan tiada kenal lelah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun