Mohon tunggu...
Raudhatul Ilmi
Raudhatul Ilmi Mohon Tunggu... Freelancer - FOUNDER @Cerdasinvestasi.id dan Pengamat Sepakbola

"Sebaik-baik kamu adalah yang bermanfaat bagi orang lain"

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Antara Uang dan Kesehatan Mental

11 Oktober 2022   11:05 Diperbarui: 11 Oktober 2022   11:14 267
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilustrasi/Unsplash

Tanggal 10 oktober diperingati sebagai hari kesehatan mental dunia. Sedangkan hari ini adalah tanggal 11 Oktober, itu artinya sudah satu hari berlalu dari hari kesehatan mental dunia. Kendati sudah berlalu satu hari akan tetapi nuansanya masih ada.

Jujur penulis sendiri masih ingin membicarakan topik terkait kesehatan mental karna memang perkara kesehatan mental itu bahasannya itu sangat panjang sekali dan takkan cukup jika hanya dibahas hanya dalam satu kali bahasan.

Dan kali ini penulis akan membahas "Antara Uang dan Kesehatan Mentalhal ini dilatar belakangi oleh sebuah snap wa dari teman ku yang kurang lebihnya begini "jangan terlalu mengedepankan kesehatan mental, buat apa sehat secara mental doang sedangkan dompetmu kosong"

Jika ditafsirkan, menurut dia uang lebih berharga daripada kesehatan mental. Sebenarnya tepat ga sih pernyataan yang seperti itu?. Pernyataan dia itu membuat aku pribadi jadi semakin bertanya-tanya sebenarnya bagi mayoritas orang itu lebih berharga uang atau kesehatan mental?

Untuk menjawab kekepoan ku sendiri aku pun mencoba membuat ig story untuk voting. Dengan  pertanyaan "Jika kamu hanya bisa memilih satu diantara 2 hal, kamu lebih pilih yang mana?". Dan untuk pilihan jawabannya aku kasih opsi kesehatan mental dan uang.

Memang kalau boleh jujur ya ini sebenarnya pilihan yang agak sulit. Kenapa? Karna kedua hal ini sama pentingnya dalam kehidupan. Dan berdasarkan survei mini yang kulakukan terhadap followerku sendiri hasilnya 63% memilih kesehatan mental dan 37% memilih uang

Jika dilihat dari segi gender. Semua Wanita Memilih kesehatan mental sedangkan prianya memilih uang. Kalau dikembalikan kepada naluriahnya manusia. Memang iya wanita itu lebih dominan perasaan sedangkan laki-laki lebih mengedepankan logika. Sehingga bagi wanita kesehatan mental itu lebih utama.

Bagi wanita uang itu menjadi tidak berharga jika ia merasa tidak sehat secara mental. Sedangkan bagi pria sendiri yang penting punya uang, kesehatan mental biarkan urusan belakangan sehingga para pria lebih tahan banting dalam tekanan pekerjaan dibandingkan wanita.

Hmm kalau sobat kompasianer sendiri gimana? Atau malah punya argumen yang berbeda?

Baca juga: Ketenangan Hati

Secara umum uang bisa menghadirkan kebahagian. Banyak orang yang memilih mencari pekerjaan dengan gaji tinggi dengan alasan biar lebih bahagia karna dengan memiliki banyak uang iya bisa memenuhi segala kebutuhan dan keinginannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun