Mohon tunggu...
Raudhatul Ilmi
Raudhatul Ilmi Mohon Tunggu... Freelancer - FOUNDER @Cerdasinvestasi.id dan Pengamat Sepakbola

"Sebaik-baik kamu adalah yang bermanfaat bagi orang lain"

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Rincian Penilaian Kadar Gula Darah Normal

29 September 2022   14:25 Diperbarui: 29 September 2022   15:01 243 23 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cek gula darah/Detik Health

Hallo sobat kompasianer dan reader semuanya, apa kabarnya semoga selalu dalam keadaan sehat ya dan bagi yang sedang sakit semoga segera diberikan kesembuhan dan dapat beraktivitas normal kembali seperti biasanya

Pada bahasan kali ini penulis ingin membahas kembali seputar topik kesehatan yakni mengenai kadar gula darah yang normal di dalam tubuh manusia. Baiklah langsung kita  bahas saja ya

Kadar gula darah yang normal didalam tubuh sangat penting untuk dijaga agar kadar gula tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. 

Secara umum Gula darah yang ada didalam tubuh berfungsi sebagai asupan energi bagi organ tubuh. Maka dari itu perlunya mengetahui berapa sih kisaran kadar gula darah yang normal yang harus anda miliki.

Berbicara tentang kadar gula darah, sebenarnya kadar gula darah normal itu tidak berpatokan pada satu angka baku. Kadar  gula darah bisa saja berubah-ubah, sebagai contoh saat sebelum dan sesudah Anda makan atau saat sebelum tidur kadar gula darah itu akan berbeda

Pada orang yang sehat, kadar gula darah sangat penting untuk dijaga agar ia tetap stabil dalam rentang normalnya. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya resistensi insulin ataupun risiko terkena penyakit diabetes.

Selain itu, pada penderita diabetes sendiri, kadar gula darah penting untuk terus dikontrol agar tidak menimbulkan kerusakan organ yang lebih parah lagi dikemudian hari yang keseringan menimbulkan komplikasi.

Perlu anda ketahui bahwa seusai makan nasi, sistem pencernaan Anda akan memecah karbohidrat yang ada menjadi zat gula (glukosa) yang bisa diserap oleh tubuh kita. 

Ketika berada di dalam darah manusia, hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas  akan membantu glukosa untuk masuk ke dalam sel-sel tubuh dan berfungsi menghasilkan sumber energi.

Sementara itu, glukosa yang berlebih akan disimpan di hati anda untuk dipakai di kemudian hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan