Mohon tunggu...
Ratri Sti M
Ratri Sti M Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Saya adalah seorang Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat di Bulan Ramadan Pada Masa Pandemi

24 April 2021   18:10 Diperbarui: 27 April 2021   11:33 440 29 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat di Bulan Ramadan Pada Masa Pandemi
Republika.co.id

Suasana puasa pada tahun ini masih dihantui dengan adanya pandemi COVID-19. Meskipun pandemi ini masih berlangsung kita harus tetap semangat menjalankan ibadah puasa. Puasa Ramadhan dapat menjadi kesempatan terbaik untuk kembali ke gaya hidup sehat. Ada manfaat didapat saat kita menjalankan ibadah puasa yaitu berpuasa dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita agar terhindar dari penyakit. Menurut ahli gizi R. Dwi Budiningsari, SP., M. Kes., Ph.D selaku Ketua Program Studi Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM mengatakan  pada saat kita berpuasa tubuh dapat memperbaiki jaringan sel yang rusak. Apalagi di masa pandemi saat ini kita harus menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Berikut ini adalah tips menjaga tubuh agar tetap sehat di bulan Ramadhan pada masa pandemi.

1. Menjaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi

Saat berpuasa tubuh lebih rentan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh menjadi cepat Lelah, mulut kering, dan pusing. Oleh karena itu, pada saat puasa pastikan tubuh anda tetap terhidrasi dengan minum cukup paling tidak 6-8 gelas per hari dari hingga berbuka. Air putih sangat dibutuhkan tubuh untuk mengisi kembali cairan didalam tubuh yang hilang pada saat berpuasa.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan yang hilang selama berpuasa dapat mengikuti pola minum sebagai berikut:

1) Minum 2 gelas air saat sahur

2) Minum 4 gelas air saat berbuka

3) Minum 2 gelas air sebelum tidur

2. Berolahraga

Pada saat bulan puasa umat muslim tidah hanya melakukan perubahan pola makan tetapi juga perubahan aktivitas. Perubahan yang terjadi diantaranya perubahan jam makan, pola tidur, dan lain lain. Perubahan tersebut tentunya memberikan efek negatif terhadap performa fisik seseorang. Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat olahraga secara teratur pada bulan puasa dapat meningkatkan kemampuan sistem tubuh sehingga tetap fit selama bulan puasa. Olahraga yang dilakukan tentunya olahraga dengan intensitas ringan yaitu seperti jogging atau bersepeda. Sebaiknya olahraga dilakukan 30-60 menit menjelang waktu berbuka agar tubuh segera kembali mendapatkan asupan energinya pada saat berbuka.

3. Menjaga protokol kesehatan

Pada saat berpuasa tubuh terasa lemas apalagi di masa pandemi pada saat ini kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan agar tubuh dapat terhindar dari virus dan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, kita harus mematuhi Gerakan 5M yaitu:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN