Mohon tunggu...
Ratna Mendrofa
Ratna Mendrofa Mohon Tunggu... Dosen - Universitas Nias

Pendidikan Matematika

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendekatan TPACK untuk Guru Matematika

31 Oktober 2023   22:44 Diperbarui: 31 Oktober 2023   22:56 336
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendekatan TPACK untuk Guru Matematika 

Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) merupakan pendekatan pembelajaran yang sangat relevan di masa pembelajaran saat ini. Hal ini dikarenakan pendekatan TPACK memadukan Knowledge (aspek pengetahuan), Pedagogy (cara membelajarkan), Content (penguasaan materi pembelajaran sesuai bidang) dengan Technology (Teknologi). Pendekatan TPACK merupakan pendekatan yang dikembangkan dari pendekatan Pedagogy Content Knowledge (PCK) yang pertama kali dikenalkan oleh Shulman pada tahun 1986. Pendekatan TPACK adalah suatu pendekatan yang mengintegrasikan tiga jenis pengetahuan, yaitu pengetahuan teknologi, pengetahuan pedagogi, dan pengetahuan konten, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pendekatan ini sangat relevan untuk guru matematika karena matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memerlukan pemahaman yang mendalam tentang konten dan metode pembelajaran yang tepat.

Pada dasarnya, konsep pendekatan pembelajaran TPACK melibatkan 7 domain pengetahuan:

1.     Content Knowledge (CK).  Domain ini merupakan penguasaan yang harus dimiliki guru terkait bidang studi atau materi pembelajaran yang diampu. Sebagai contoh, seorang guru matematika harus memahami dengan baik materi-materi pembelajaran yang ada di matematika misalnya pengetahuan tentang konsep bilangan, operasi bilangan, dan aljabar; pengetahuan tentang geometri; pengetahuan tentang statistik dan probabilitas, termasuk pengumpulan dan analisis data; pengetahuan tentang trigonometri dan fungsi matematika; dan pengetahuan tentang sejarah dan perkembangan matematika.

2.     Pedagogical Knowledge (PK). Pengetahuan ini merupakan pengetahuan dasar guru terkait proses dan strategi pembelajaran. Secara sederhana, strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai usaha guru untuk menerapkan dan mengelola berbagai metode pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Sebagai contoh, seorang guru matematika mampu memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan dan karakteristik siswa; menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran matematika; guru untuk menyesuaikan metode evaluasi yang sesuai dengan pembelajaran matematika.   

3.     Technology knowledge (PK). Domain ini terkait pengetahuan guru dalam menggunakan teknologi digital baik hardware maupun sofware. Sebagai contoh, seorang guru matematika menggunakan perangkat lunak matematika seperti Geogebra atau Wolfram Alpha untuk membantu siswa memahami konsep matematika; menggunakan perangkat keras seperti LCD proyektor atau smartboard untuk memvisualisasikan konsep matematika secara lebih jelas; menggunakan aplikasi pembelajaran matematika yang interaktif dan menarik untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika seperti PMM, Google Classroom.

4.     Technological Pedagogical Knowledge (TPK). domain pengetahuan pedagogik dan materi ini merupakan gabungan pengetahuan tentang bidang studi atau materi pembelajaran dengan proses dan strategi pembelajaran. Contoh pada mata pelajaran matematika adalah kemampuan guru untuk memilih dan menggunakan teknologi yang tepat dalam pembelajaran matematika. Guru harus memahami bagaimana teknologi dapat digunakan untuk membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih baik. Misalnya, guru dapat menggunakan software matematika atau aplikasi pembelajaran matematika yang interaktif untuk membantu siswa memvisualisasikan konsep matematika yang abstrak. Selain itu, guru juga harus memahami kelebihan dan kekurangan teknologi dalam pembelajaran matematika dan dapat mengevaluasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran

5.     Technological Content Knowledge (TCK) Domain pengetahuan teknologi dan materi domain ini terkait pengetahuan guru tentang teknologi digital dan pengetahuan bidang studi atau materi pembelajaran. Contoh pada mata pelajaran matematika adalah kemampuan guru untuk memahami bagaimana teknologi dapat digunakan untuk merepresentasikan materi (content) matematika dengan lebih baik. Guru harus memahami bagaimana teknologi dapat digunakan untuk membantu siswa memahami konsep matematika yang abstrak dan kompleks. Contohnya, guru dapat menggunakan perangkat lunak geometri dinamis untuk membantu siswa memvisualisasikan konsep geometri yang sulit dipahami secara abstrak. Selain itu, guru juga harus memahami bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mengembangkan materi pembelajaran matematika yang lebih menarik dan interaktif. Dengan memahami TCK, guru dapat mengembangkan pembelajaran matematika yang lebih efektif dan menarik bagi siswa.

6.     Pedagogical Content Knowledge (PCK). Domain pengetahuan tentang teknologi dan pedagogi domain ini terkait pengetahuan tentang teknologi digital dan pengetahuan mengenai proses dan strategi pembelajaran. Contoh pada mata pelajaran matematika adalah kemampuan guru untuk memahami bagaimana cara mengajar materi matematika dengan cara yang efektif dan menarik bagi siswa. Guru harus memahami bagaimana cara mengajar materi matematika dengan menggunakan teknologi yang tepat dan memahami karakteristik siswa dalam belajar matematika. Misalnya, guru dapat menggunakan teknologi seperti video pembelajaran atau simulasi untuk membantu siswa memahami konsep matematika yang sulit dipahami secara abstrak. Selain itu, guru juga harus memahami bagaimana cara mengajar materi matematika dengan menggunakan teknologi yang tepat dan memahami karakteristik siswa dalam belajar matematika

7.    Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Domain pengetahuan tentang teknologi pedagogik dan materi komprehensif pengintegrasian TPACK membutuhkan pengembangan kepekaan terhadap hubungan dinamis dan transaksional antara komponen pengetahuan yang terletak dalam konteks unik. Contoh TPACK pada mata pelajaran matematika yaitu Guru dapat menggunakan perangkat lunak matematika atau aplikasi pembelajaran matematika yang interaktif untuk membantu siswa memvisualisasikan konsep matematika yang abstrak; guru dapat menggunakan video pembelajaran untuk membantu siswa memahami konsep matematika yang sulit dipahami secara abstrak. Guru dapat mengembangkan materi pembelajaran matematika yang lebih menarik dan interaktif dengan menggunakan teknologi yang tepat; Guru dapat memilih dan menggunakan teknologi yang tepat dalam pembelajaran matematika; Guru dapat memahami bagaimana cara mengajar materi matematika dengan menggunakan teknologi yang tepat; Guru dapat memahami karakteristik siswa dalam belajar matematika dan bagaimana cara mengajar materi matematika dengan cara yang efektif dan menarik bagi siswa

Dalam pendekatan TPACK, guru matematika diharapkan mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran matematika sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan memudahkan siswa dalam memahami konsep matematika. Selain itu, guru matematika juga diharapkan mampu memilih dan menggunakan teknologi yang tepat sesuai dengan konten dan tujuan pembelajaran. Pendekatan TPACK juga menekankan pentingnya pengetahuan pedagogi dalam pembelajaran matematika. Guru matematika harus mampu memilih metode pembelajaran yang tepat dan mampu mengelola kelas dengan baik agar siswa dapat belajar dengan efektif. Dalam konteks pembelajaran matematika, pendekatan TPACK dapat membantu guru matematika untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan. Oleh karena itu, guru matematika perlu mempelajari dan mengembangkan pendekatan TPACK dalam praktik pembelajaran mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun