Mohon tunggu...
Ratna Kurniasari
Ratna Kurniasari Mohon Tunggu... Mahasiswa

Statistician

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Gerakan "Melek Data" untuk Generasi Millenial

13 Agustus 2020   18:43 Diperbarui: 13 Agustus 2020   18:29 32 0 0 Mohon Tunggu...

Blora (30/7) --  Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro, Ratna Kurniasari yang berasal dari program studi Statistika mengajak generasi Millenial di daerah RT 2 /RW 2 Kelurahan tempelan untuk melek data. Pelaksana program kegiatan KKN ini juga memberikan modul "pengolahan data Menggunakan MS Excel"  serta booklet "Belajar Statistika, Menuju Generasi Millenial Melek Data" yang disusun oleh pelaksana program kegiatan, degan tujuan setelah selesainya program ini diharapkan para peserta tetap meninjau ulang mater-materi yang sudah didapatkan.

dokpri
dokpri
Sebagai generasi millennial, umumnya mereka menilai berdasarkan visualisasi yang mereka lihat pertama kali. Saat ini banyak sekali informasi yang bisa didapatkan melalui laman internet, termasuk data. Oleh karena itu dengan adanya gerakan ini diharapkan dapat membuat para generasi millennial untuk lebih terbuka pikirannya dengan adanya data-data yang sering muncul dilingkungan mereka. 

Selain itu melalui data yang mereka lihat atau dapatkan dapat dijadikan sebagai informasi baru yang berguna bagi banyak pihak.. Gerakan ini disasarkan pada remaja-remaja wanita, karena lebih banyaknya populasi usia remaja wanita dibandingkan laki-laki di daerah ini. Namun pelaksana program kegiatan KKN ini, yaitu Ratna juga memiliki tujuan lain.

Saat ini Indonesia berada di fase industry 4.0 dimana pemanfaatan data menjadi suatu hal yang penting. Banyaknyaa lowongan pekerjaan yang memiliki keahlian pengolah data namun tidak seimbang dengan sumber daya manusia yang ada, membuat banyak orang berbondong-bondong untuk mempelajari pengolahan data. 

Di lingkungan Kelurahan Tempelan hampir seluruh masyrakat sudah mendekati kata "maju", dikarenakan lingkungan ini tergolong kedalam wilayah perkotaan, Peluang ini, dapat dijadikan para remaja wanita untuk termotivasi menjadi wanita karir, sehingga bisa meningkatkan soft skill khususnya dalam hal pengolahan data yang kemudian berimbas pada terjadinya kesetaraan gender dalam hal pekerjaan. Hal ini sesuai dengan tujuan yang tercantum pada SDGS yaitu "Mencapai Kesetaraan Gender dan Memberdayakan Kaum Perempuan". Program ini lebih terfokuskan pada pengenalan terkait dasar dasar cara mengolah data. Besar harapanya, mereka dapat menerapkan ilmu yang didapatkan melalui program kegiatan ini untuk segala jenis bidang yang akan ditekuni nantinya. Selain itu dapat memotivasi para remaja-remaja wanita untuk membangun pola pikir yang lebih luas dan tidak hanya menjadi ibu rumah tangga kedepannya.

Selain itu, dalam rangkaian pencegahan covid-19. Ratna juga membagikan masker kepada para peserta kegiatan. Tak hanya sampai disini, Ratna memiliki program kegiatan lain dalam rangkaian ajakan pencegahan covid-19 diwilayah ini, yaitu Kegiatan penyuluhan 6 langkah mencuci tangan di RT 2/ RW 2 Kelurahan Tempelan bersama ibu-ibu PKK. Kegiatan ini juga dibarengi dengan pembagian masker hasil produk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Kegiatan ini berkolabirasi dengan UMKM yang ada di Blora yaitu Kudus Mulya Konfeksi. Hal ini juga dapat dijadikan ajang promosi sehingga dapat menjadikan UMKM tersebut lebih dikenal oleh manyarakat lingkungannya sendiri.

foto-1-5f35266e097f366f3357e762.jpeg
foto-1-5f35266e097f366f3357e762.jpeg

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x