Mohon tunggu...
Budi Hermawan
Budi Hermawan Mohon Tunggu... Freelancer - Traveler

Traveler yang menyukai senja

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Ini 6 Cara Percaya Diri di Kantor

25 Januari 2021   14:09 Diperbarui: 25 Januari 2021   14:29 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sukses dalam karier itu penting. Biar bisa mencapainya, rasa percaya diri di kantor wajib dimiliki. Kalau enggak memilikinya, maaf saja, kalian akan sulit berkembang.

Saya berani bilang begini karena dulu pernah minder parah. Cuma gara-gara rambut saya rontok parah, sampai di kantor, saya dikasih panggilan "furbali" dan jadi bahan ledekan. Katanya orang mah nabur kembang, saya malah nabur rambut di kantor.

Memang sih saya sering kali meninggalkan "oleh-oleh" rambut rontok. Biasanya kalau tidak di blezer, di meja meeting kadang di meja pantry juga.

Duh, walaupun di depan, saya tetap berusaha kelihatan cuek, tapi diam-diam pede turun drastis. Tiap mau presentasi saja, panas dingin enggak yakin sama diri sendiri.

Saya orangnya males ribet. Kalau bisa online, ya lebih memilih online he he. Ahhirnya saya coba googling-googling cari solusi pas jam makan siang di kantor. Saya menemukan Sozomen.

Syukurlah, setelah enam bulan, hasilnya mulai kelihatan nyata. Nah, sejak itu, entah kenapa pede mulai muncul lagi. Karier pun melesat hingga akhirnya diberi kepercayaan memimpin satu departemen.

Makanya, saya ingin berbagi kiat biar pede di kantor. Ini 6 hal yang saya lakukan:

1. Fokus ke Diri Sendiri

Kalau mau sukses, awali dengan fokus ke diri sendiri. Namanya juga kantor, intrik dan gosip pasti ada. Sudahlah, enggak usah dipedulikan. Mikir lempeng saja. Lalu kerja yang serius.

Semua pekerjaan dikerjakan maksimal. Jangan peduli omongan orang. Nah, biar begitu, yakin saja sama kemmapuan diri sendiri.

2. Jujur Terhadap

Manusia mustahil sempurna. Saya dan Anda pasti punya kekurangan. Tugas kita ini buat mengidentifikasinya.

Coba cari tahu sendiri kekurangan diri, tapi enggak ada salahnya juga tanya ke atasan atau kolega soal itu.

Kalau sudah menemukannya, segera perbaiki. Temukan cara untuk mengejar ketinggalan. Jika bisa melakukannya, pede pasti meningkat.

Ada kekurangan yang mudah diperbaiki, seperti kerontokan rambut. Karena saya berani jujur dengan diri sendiri kalau kerontokan rambut membuat saya tidak pede, hal tersebut menjadi kekurangan saya, maka saya bertindak untuk memperbaikinya.

3. Lihat Perkembangan Diri

Jangan lupa pantau perkembangan diri. Lihat bagaimana pencapaianmu sejauh ini. Apa saja kesuksesan yang diraih? Kalau perlu catat. Ini penting buat meningkatkan rasa percaya diri.

Enggak perlu hal-hal spesial yang diperhatikan. Hal simple seperti mampu mengerjakan pekerjaan sendiri secara lebih efisien pantas dicatat.


4. Berani Ambil Tantangan

Kalau ada tantangan yang menghadang, berani hadapi. Jangan mundur. Anggap saja itu sebagai kesempatan untuk maju.

Misalnya bosa minta ada yang mau memimpin proyek baru. Segera saja ajukan diri. Memang mungkin akan ada kesulitan yang dihadapi, tapi itu merupakan proses belajar. Nanti kalau akhirnya sukses, yakin deh. Pede di kantor pasti nambah.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun