Mohon tunggu...
Ratna Sari Dewi
Ratna Sari Dewi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi jurusan Ilmu Al Quran dan Tafsir

Ibu rumah tangga yang juga mahasiswi jurusan Ilmu Al Quran dan Tafsir di STAI Tasikmalaya, mempunyai hobi bersepeda dan juga menulis, menulis apa yang ingin ditulis...trip, pendidikan, sosial budaya, karya sastra, dll.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Anak Merasa Happy Ketika Berpuasa

23 Maret 2023   13:19 Diperbarui: 23 Maret 2023   13:22 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://png.pngtree.com/

Seperti diketahui, bulan Ramadhan tahun ini adalah 1444 Hijriah. Adapun penentuan tanggal nya berdasarkan sidang isbat yang telah ditetapkan pemerintah yaitu hari kamis tanggal 23 Maret 2023. Anak-anak dimulai libur sekolah di hari rabu karena bertepatan dengan hari raya Nyepi. Disambung libur pada hari kamis diawal bulan puasa

Ramadhan merupakan moment yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Namun untuk mengajak anak berpuasa terkadang ibu-ibu merasa kesulitan karena anak merasa enggan untuk ikut berpuasa. 

Ada cara tersendiri agar anak merasa happy bahkan sebelum puasa dimulai. Berikut persiapan yang harus dilakukan agar anak merasa happy saat ikut berpuasa ;

1. Persiapkan jauh-jauh hari ornamen-ornamen yang berhubungan dengan ramadhan untuk menghias dinding di rumah. Seperti pernak pernik dan hiasan dinding serta tulisan Ramadhan Mubarak. Boleh disertai lampu atau hiasan lainnya ya kompasianer.

2. Beri pemahaman pada anak mengenai tujuan berpuasa,amalan puasa, pahalanya, dan ganjaran yang akan Allah berikan kepada orang yang berpuasa.

3. Beri latihan sebelumnya dengan melatih anak berpuasa sunnah sesuai kemampuan anak, dengan begitu anak akan terbiasa ketika berpuasa sehari penuh.

4. Pasang mutabaah harian di dinding kamar anak sebagai motivasi agar anak lebih maksimal dalam beramal soleh.

5. Orangtua senantiasa mendampingi anak-anaknya dalam melalui setiap kegiatan sehari-hari dalam beramal soleh karena orangtua sebagai role model yang akan dicontoh anak-anaknya.

6. Ajak anak-anak ngabuburit. Ngabuburit menjadi tradisi yang biasa dilakukan saat ramadhan. Ngabuburit berasal dari bahasa sunda dari kata ; nga-buburit, nga seperti ejaan me kalau dalam bahasa Indonesia, buburit bisa berarti waktu menjelang buka puasa, jadi arti ngabuburit itu menunggu waktu berbuka puasa. Banyak cara menunggu waktu untuk berbuka puasa, bisa dengan mengajak anak-anak menyiapkan iftar, mengajak jalan-jalan di taman, dan berburu kudapan berbuka puasa. 

7. Ajak anak ikut terawih ke masjid. Anak-anak akan bertemu dengan teman-temannya yang lain di moment ini sehingga dengan melihat  banyaknya orang yang terawih di masjid semangatnya akan berambah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun