Mohon tunggu...
Ratih Nur Cahyati
Ratih Nur Cahyati Mohon Tunggu... Mahasiswa - manusia biasa

selamat datang dan selamat membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Hubungan antara Pancasila dengan Agama Islam

12 Oktober 2021   23:10 Diperbarui: 12 Oktober 2021   23:42 92 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia merupakan negara yang beragam. Setiap daerah dari Sabang sampai Merauke terdapat banyak perbedaan. Perbedaan-perbedaan itu meliputi perbedaan budaya, bahasa, ras, suku bahkan agama. 

Di Indonesia sendiri terdapat enam macam agama yang diakui secara resmi oleh pemerintahan. Keenam negara itu adalah islam, hindu, katolik, protestan, konghucu, dan budha. 

Tetapi sebelum adanya perkembangan masuknya agama-agama tadi ke Indonesia, Indonesia sudah memiliki agama yang dianut oleh nenek moyang kita. Agama yang nenek moyang kita anut adalah animisme, dinamisme, dan totemisme.

Di Indonesia sendiri agama yang paling banyak dianut oleh masyarakat adalah agama islam. Menurut sejarah, islam masuk ke Indonesia mulai abad ke-13 M yang dibawa oleh pedagang-pedagang India muslim. 

Para saudagar-saudagar Gujarat ini menjalin hubungan dengan masyarakat nusantara dengan sangat baik, sehingga mereka berhasil menciptakan kerajaan, yang diberi nama Kerajaan Samudra Pasai. 

Selain itu, juga banyak ulama-ulama yang memang sengaja datang ke nusantara untuk menyebarkan islam ke seluruh nusantara. Contoh pendakwah yang terkenal adalah Walisongo.

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di Dunia. Bahkan di Indonesia penduduk muslim mencapai 86,88% dari seluruh jumlah penduduk. 

Sangat banyak sekali yaa teman-teman. Tetapi walaupun agama islam sebagai agama mayoritas, kita sebagai pemeluk agama islam tidak boleh semena-mena mekmaksakan kehendak kita kepada penganut agama lain. Kita harus bisa menghormati pemeluk agama lain. 

Seperti pada Al-Qur'an surat Al-Kafirun ayat 6 yang berbunyi "untukmu agamamu, dan untukku agamaku". Karna kita sebagai warga Indonesia harus bisa menjalin hubungan yang baik antar sesama agar bisa memajukan negara Indonesia bersama-sama.

Bahkan karena banyaknya pemeluk agama islam di Indonesia, menyebabkan Pancasila yang disampaikan pada piagam Jakarta mempunyai isi sebagai berikut:

1.Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan